Rahasia Jay Cutler Raih Gelar Juara Mr. Olympia

Fitnessmania pasti akrab dengan atlet yang satu ini. Dialah Jay Cutler, sang juara 4 kali Mr. Olympia yang akan membagi rahasia suksesnya khusus untuk Anda.
jay-cutler
Kali ini Jay Cutler akan berbagi trik tentang bagaimana teknik membangun otot agar terlihat kokoh dan tebal. Berikut petikan wawancara dengan Jay Cutler seperti dilansir bodybuilding.com:

Jay, seperti apa latihan yang Anda lakukan untuk membangun otot?
Well, saya melakukan teknik yang sama selama 20 tahun. Jujur saja, saya tidak melakukan teknik lainnya. Saya bertahan dengan straight sets dan tidak melakukan teknik “advance” seperti dropsets.

Note: Straight set adalah menjaga jumlah repetisi tetap sama pada tiap-tiap set latihan, meski jenis latihannya berbeda. Straight set juga mengijinkan Anda untuk berhenti (jeda) antar set.

Contoh:

Set Repetisi Beban
1 8 50 kg
2 8 50 kg
3 8 50 kg

Banyak bodybuilder yang melakukan latihan tingkat lanjut dengan intensitas tinggi untuk membentuk otot mereka, bagaimana Anda mendapatkan semua itu hanya dengan straight set?

Mudah saja, teknik ini bekerja dengan baik pada otot saya. Saya ragu ketika harus mengganti teknik yang sudah benar-benar bekerja pada tubuh saya dengan teknik lainnya. Dengan straight set, saya tidak pernah mengalami cedera dan otot saya terus tumbuh setiap tahun.

jay-cutler-4

Apakah Anda memulai dengan latihan tertentu di hari latihan?
Saya tidak terpaku pada latihan tertentu. Ketika datang ke gym dan mendapati semua mesin latihan terpakai, saya langsung mencari dumbbell atau barbell dan mulai melatih otot dada dengan latihan yang bervariasi.

Saya bukan orang yang percaya dengan anggapan untuk membangun otot diperlukan perubahan setiap minggu. Yang saya yakini adalah jika Anda berlatih dengan usaha maksimal, maka otot akan membesar selama diet dan pola tidur Anda sejalan dengan latihan.

Seberapa penting pemanasan sebelum latihan bagi Anda?
Bagi saya itu sangat penting. Saya lebih suka menyebutnya dengan “feel sets” ketimbang warm-up. Ini sangat membantu menselaraskan pikiran dan gerakan saya sebelum ke latihan utama. Tidak perlu beban yang terlalu berat dalam fase ini, cukup beban yang ringan dengan 12-15 repetisi 3-4 set.
jay-cutler-2
Apakah Anda pernah berlatih menggunakan failure set?
Sepanjang 20 tahun perjalanan karir, saya tidak pernah menggunakan teknik failure. Saya selalu berlatih menggunakan beban yang bisa saya angkat dalam 8-12 repetisi. Meski terkadang saya tambah bebannya, namun bukan untuk menambah kekuatan atau melakukannya hingga “failure”, tetapi agar otot lebih terlihat nge-pump.

Jadi Anda tidak pernah berlatih di bawah 8 repetisi?
Saat latihan deadlift saya selalu berada di bawah 8 repetisi, bahkan di di bawah 6 repetisi. Tapi untuk latihan lainnya selalu 8-12 repetisi. Sejujurnya saya masih bisa melakukan lebih banyak dari itu, tapi saya tidak perlu membuktikan apapun. So, saya memiliih untuk tidak melakukannya.
jay-cutler-3
Bagi Anda, apakah orang-orang harus mengangkat beban seberat beban yang diangkat oleh atlet idola mereka untuk mendapatkan otot yang besar?
Well, sebagian orang bisa mengangkat ratusan kilogram sedangkan lainnya tidak. Setiap orang memiliki batas kemampuan masing-masing. Saya adalah satu di antara orang yang tidak terlalu kuat mengangkat beban berat. So, bagi saya beratnya beban bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan. (dan)

Itulah petikan wawancara singkat bersama Jay Cutler seputar latihan pembentukan otot tubuhnya. Anda juga bisa menyimak video latihan Jay Cutler secara lengkap di bawah ini:

BACA JUGA : 4 HUKUM FISIKA YANG BISA MEMBUAT TUBUH ANDA KEKAR

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes