Redakan Nyeri dengan Konsumsi Lemak, Kok Bisa?

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa beberapa jenis nyeri kronis dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan ataupun suplemen yang kaya akan asam lemak esensial Omega-3.

Redakan-Nyeri-dengan-Konsumsi-Lemak,-Kok-Bisa

Lemak baik Omega-3 atau yang lebih dikenal sebagai “lemak ikan” ini terbukti dapat mengurangi intensitas nyeri sendi, reumatik arthritis, sakit leher dan punggung. Bahkan rasa sakit akibat radang usus dan kram saat menstruasi, demikian hasil studi yang dilakukan oleh para ahli kesehatan dari University of Pittsburgh Medical Center, AS.

Banyak orang yang menggunakan obat anti peradangan untuk mengatasi rasa sakitnya. Tetapi, obat-obatan seperti ini seringkali menimbulkan efek samping yang berbahaya, terutama untuk penggunaan jangka panjang. Nah, nutrisi esensial Omega-3 merupakan solusi yang lebih aman untuk mengatasi rasa sakit sekaligus memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Selain membantu mengurangi rasa sakit, asam lemak Omega-3 juga dapat meredakan peradangan pada tubuh dan juga membantu mengatasi gangguan pada jantung.

Sumber Omega-3

Kandungan Omega-3 bisa Anda dapatkan dari ikan, seperti makarel, salmon, harring, sarden dan tuna. Untuk itu, disarankan untuk mengkonsumsi ikan minimal 2-3 kali per minggu untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan Omega-3.

Jika Anda seorang vegetarian, Anda bisa memperoleh beberapa manfaat Omega-3 dari sumber nabati seperti minyak biji rami, serta kacang-kacangan seperti kenari. Lebih praktis lagi, Anda juga bisa mengonsumsi Omega-3 melalui suplementasi Omega-3 yang kini banyak tersedia di sekitar Anda.

Tak hanya efektif untuk meredakan nyeri dan menjaga kesehatan jantung, hasil penelitian juga membuktikan bahwa wanita hamil yang rajin mengkonsumsi telur yang diperkaya dengan Omega-3 memiliki risiko lebih kecil untuk melahirkan prematur dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi telur.

Oleh karena itu, cukupi kebutuhan tubuh akan Omega-3 secara teratur, dan rasakan manfaatnya untuk meredakan nyeri dan juga berbagai manfaat kesehatan lainnya. (dan)

BACA JUGA : Bakar Lemak Lebih Banyak dalam 8 Minggu

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes