fitness

Refleksi 2010 dan Masa Depan Fitness Indonesia

fitness

Mengamati trend yang terjadi mulai dari saya masuk ke dunia fitness ini 12 tahun yang lalu, sampai di penghujung 2010 ini, saya melihat banyak sekali perubahan yang cukup significant. Tempat fitness sangat menjamur, bahkan ketika saya mengamati di daerah seperti banyuwangi, banyak sekali tempat-tempat fitness yang meskipun kecil, tetapi mampu mengakomodasi masyarakatnya. Boleh dikatakan, hampir di tiap kecamatannya memiliki satu tempat fitness.

Dilihat dari sisi gender, dulu mayoritas orang yang berlatih fitness atau angkat beban adalah laki-laki. Tetapi sejak 2 tahun belakangan dan terutama pada 2010 ini, kaum hawa sudah mulai menyadari pentingnya berlatih fitness (baca: angkat beban), untuk kesehatan mereka, bahkan untuk pembentukan tubuh dan pembakaran lemak. Saya melihat perempuan sudah mulai berada di tempat angkat beban lebih banyak daripada sebelumnya, meskipun disayangkan bahwa masih relatif banyak juga yang masih takut melakukan angkat beban dengan alasan takut punya badan seperti cowok, padahal hal tersebut tidak mungkin terjadi.

Saya pribadi, sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia fitness sudah lama, juga mengamati bagaimana orang berinteraksi di dalam gym, bagaimana mereka berlatih. Saya juga memperhatikan bagaimana perkembangan orang-orang yang berlatih, masalah-masalah apa yang terjadi dengan perkembangan dan progress yang mereka lakukan.

Selama ini masih banyak orang fitness yang individualismenya cukup tinggi. Mereka berlatih sendirian atau minimal dalam group-group kecil. Dalam skala yang lebih besar, sebagai contoh, masyarakat di suatu daerah, katakanlah di Jember misalnya, mereka akan mengerti perkembangan kota Jember, tetapi mereka ketinggalan informasi mengenai kota yang lebih besar, Jakarta misalnya. Sehingga penyebaran informasi mengenai bagaimana fitness yang benar, diet yang tepat dan sebagainya sangat tidak merata. Orang-orang di kota besar lebih mengerti dan lebih maju sehingga mendapatkan badan yang lebih bagus secara rata-rata dibandingkan dengan daerah yang lain. Saya sangat menyayangkan hal tersebut karena seharusnya semua orang berhak mendapatkan akses ke informasi yang sama sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempunyai tubuh yang sehat dan ideal.

Beranjak dari hal tersebut, di bulan November kemarin saya meluncurkan sebuah situs jejaring social yang disebut SixReps.com. Pada saat tulisan ini dibuat, anggota SixReps.com sudah lebih dari 1,600 orang. SixReps.com akan merevolusi kehidupan fitness di Indonesia (target saya global nantinya). Dengan SixReps saya berharap informasi mengenai fitness bisa lebih terpusat sehingga semua orang bisa mengakses informasi mengenai fitness dan diet di satu tempat. Masing-masing member bisa saling berinteraksi satu dengan yang lain.

Pernahkah Anda mempunyai idola yang badannya bagus dan hanya bisa berharap untuk mengenal mereka, dan hanya bermimpi untuk bisa ngobrol dan bertanya bagaimana mereka mendapatkan badan kerennya tersebut? Dengan SixReps semuanya mungkin, Anda akan bisa mengirimkan email/pesan kepada yang bersangkutan, menjadi teman, berbagi foto dan bahkan Anda bisa mengupload foto ‘BEFORE’ dan ‘AFTER’ Anda.

Tahun 2011, SixReps.com akan mengalami penyempurnaan sehingga apabila sebelumnya Anda ingin pergi ke tempat fitness, tetapi Anda tidak tahu bagaimana caranya menggunakan alat, tidak tahu alat apa yang dipakai untuk melatih otot di tubuh Anda, maka SixReps bisa membantu Anda. Anda tinggal membuka SixReps.com melalui handphone, dan di dalamnya terdapat panduan latihan tiap otot yang bisa Anda lakukan di tempat fitness beserta contoh-contoh program latihan untuk tujuan spesifik misalnya program latihan untuk menurunkan berat badan atau menambah berat badan.

Bagi pemilik fitness center, saya juga menciptakan sebuah ekosistem dimana nantinya promosi ke masyarakat umum untuk fitness centernya akan menjadi lebih global. SixReps.com nanti akan memungkinkan member sebuah fitness center untuk melakukan ‘check-in’ ke fitness centernya masing-masing ketika mereka berlatih sehingga secara tidak langsung makan fitness center tersebut akan dipromosikan secara gratis ke semua member yang lain bahkan nantinya akan dipromosikan ke facebook dan twitter dimana saat ini saja pengguna facebook di Indonesia sudah lebih dari 30 juta orang dan merupakan jumlah terbesar kedua di dunia setelah Amerika. Sehingga bagi pemilik fitness center yang bekerja sama dengan SixReps akan mendapatkan keuntungan dengan semakin dipromosikannya tempat fitness mereka secara otomatis oleh member SixReps.

Satu hal yang sangat penting sekali untuk kemajuan fitness di Indonesia adalah selama ini, banyak pertandingan diadakan di Indonesia dengan label ‘kejuaraan seIndonesia’ di adakan di Jakarta ataupun Surabaya. Tetapi apa yang terjadi? 80-90% dari peserta yang datang hanya dari pulau Jawa saja. Saya sampai berpikir, apakah Indonesia hanya Jawa saja? Padahal saya tahu dengan pasti bahwa di pulau-pulau yang lain dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan bahkan Irian Jaya memiliki tempat fitness dan pasti banyak juga orang-orang dari daerah tersebut yang memiliki badan cukup bagus. Tetapi Indonesia terlalu luas, tiket transport dan biaya akomodasi untuk pertandingan terlalu besar apabila dibandingkan dengan hadiah pertandingannya. Itu salah satu masalah besar yang terjadi saat ini.

Tahun depan SixReps.com akan memperkenalkan apa yang disebut Online Competition Platform, dimana hal tersebut akan mampu mengakomodasi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi selama ini. Dengan Online Competition Platform tersebut, pertandingan akan dilakukan secara online melalui SixReps.com. Siapapun boleh menggunakan platform ini untuk mengadakan pertandingan sehingga orang yang tinggal di daerah pun tetap bisa mengikutinya tanpa harus mengeluarkan biaya yang begitu tinggi hanya untuk akomodasi perjalanan ke lokasi pertandingan. Hal semacam ini akan menjadi wadah baru bagi para fitness mania untuk mengapresiasikan hasil dari perjuangan dan dedikasi mereka selama berlatih fitness.

Dengan informasi yang terpusat, kompetisi yang dilakukan secara online, saya berharap pada tahun 2011, industri fitness di negara kita ini bisa lebih maju ke suatu titik baru dimana belum pernah terjadi sebelumnya. Tetapi semua ini tidak akan terjadi tanpa bantuan semua pihak yang terkait. Semoga artikel saya ini dapat memberikan ide atau wawasan baru bagi Anda. Artikel lain dari saya bisa Anda lihat di blog saya: www.DennySantoso.com

———————
Bio: Denny Santoso adalah Founder & CEO PT Jaya Sportindo, distributor Ultimate Nutrition di Indonesia. Penulis buku Best Seller Rahasia DIET 1 dan Rahasia DIET 2. Founder & CEO SixReps.com. Denny juga merupakan konsultan diet di berbagai media.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes