Ronda Rousey: Dari Hobi Renang hingga Ke MMA

Ronda Jean Rousey atau yang lebih dikenal dengan Ronda Rousey adalah seorang atlet Judo kelahiran 1 Februari 1987 ( 25 tahun ). Rousey merupakan juara dunia UFC Women’s Bantamweight Champion.
ronda-rousey
Bisa di bilang wanita ini adalah model dan seniman di dunia beladiri atau lebih tepat dibilang seorang atlet dan artis dari dunia seni beladiri.

Petarung cantik asal Amerika ini menjadi wanita pertama yang mendapatkan medali di cabang Judo Olimpiade Beijing musim panas tahun 2008 lalu.

“Olahraga pertama saya adalah berenang. Dan itu saya mulai pada usia 6 tahun. Tapi itu tidak bertahan lama, karena saya mulai menyukai Judo tepat sebelum ulang tahun saya yang ke-11,” ujarnya.

“6 tahun kemudian saya bergabung dengan tim Olimpiade. Selama 4 tahun bergabung, saya berhasil mendapatkan medali perak dalam kejuaraan dunia, dan medali perunggu di Olimpiade 2008,” tambahnya.

Tertarik dengan Mix Martial Arts

Seiring berjalannya waktu, ia pun mulai tertarik bertarung dalam event yang lebih menantang, Mix Martial Arts (MMA).

“ Coba ingat kembali saat Anda baru belajar naik sepeda. Ingat bagaimana saraf Anda menegang, rasa takut terjatuh dari sepeda menjalar di sekujur tubuh Anda. Itulah yang saya rasakan ketika naik ke atas ring MMA untuk pertama kali,” aku Rousey.
ronda-rousey2
“Pertarungan amatir pertama saya dalam sebuah event kecil, tapi rasanya seperti berada di sebuah film. Saya merasa seperti sedang menyaksikan bukan mengalami. Saya bahkan tidak ingat pertarungan itu sendiri. Itulah yang membuat saya benar-benar mencintai fighting dan tidak ada yang lain,”tambahnya

Persiapan Jelang Pertandingan

Rousey mengaku bahwa persiapan matang harus dilakukan jauh hari jelang pertandingan dimulai.
“4 minggu sebelum pertarungan dimulai, saya mulai berlatih dan memantau berat badan. Ini sebagai bentuk persiapan fisik dan mental agar tidak grogi saat melangkah di atas riang,” terang wanita 27 tahun ini.
ronda-rousey5
Rousey berlatih di bawah asuhan Gokor Chivichyan, seorang instruktur beladiri yang berasal dari Hayastan MMA Academy.

“Latihannya bisa bermacam-macam. Mulai dari teknik menyerang dan bertahan menggunakan Brazillian jui-jitsu, karate, hingga judo. Yang paling menarik dari latihan ini adalah, setiap hari setiap minggu selalu ada tantangan berbeda,” tutur Rousey yang berperan sebagai satu-satunya tentara wanita dalam Expendables 3 ini.

Selain menjaga tingkat kebugarannya dengan latihan fisik, Rousey juga mengimbanginya dengan menjaga pola makan.
ronda-rousey4
“Saat sarapan saya biasa kombinasikan antara karbohidrat (oatmeal) dan protein shakes. Untuk makan siang jumlah karbohidrat saya pangkas hingga setengah. Sedangkan untuk makan malam saya hanya mengonsumsi makanan berprotein. Di tengah waktu makan selalu ada snack yang melengkapi seperti, anggur, almond, madu, dan makanan organik lain. Dan 3 jam sebelum tidur saya usahakan untuk tidak makan apapun, ” terangnya. (dan)

BACA JUGA : Gina Carano: Cantik, Seksi, & Mematikan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes