Saatnya ‘Break’ Dari Rutinitas Latihan Anda

Saatnya 'Break' Dari Rutinitas Latihan

Apakah Anda telah berlatih dengan sangat keras selama beberapa bulan ini? Apakah Anda telah menjalani rutinitas latihan yang sangat padat setiap minggunya? Tetapi, pernahkan Anda pernah mengalami ini; Anda selalu menikmati rutinitas latihan Anda setiap harinya, namun beberapa hari terakhir ini Anda merasa sangat lelah dan tubuh Anda terasa sakit semua. Apa yang Anda lakukan? Mungkin Anda akan tetap menjalani pola latihan rutin Anda seperti biasa, karena merasa jika Anda ‘break’ atau cuti dari latihan Anda, maka Anda akan kehilangan semua hasil latihan Anda.

Alasan Tidak Mengambil Break Latihan
Anda bukan satu-satunya yang tidak mau mengambil break atau istirahat dari rutinitas latihan Anda. Ada banyak orang yang berpikiran sama dengan Anda di luar sana. Beberapa alasan untuk tidak mengambil break antara lain::

  • Berat badan bisa naik jika melewatkan latihan
  • Tidak ingin melanggar pola latihan yang sudah disusun dengan baik
  • Merasa bersalah jika melewatkan latihan
  • Beberapa orang takut terhadap kegagalan yang akan mereka dapatkan jika break dari latihan
  • Banyak orang yang menjalani program penurunan berat badan takut tidak mendapat perkembangan dalam latihan mereka
  • Dan masih banyak lagi

Setelah melihat banyak alasan mengapa orang menghindari break dari latihan mereka, mari kita lihat mengapa penting untuk mengambil break.

Alasan Penting Untuk Break Latihan
Mengambil waktu istirahat atau break ini diperuntukkan bagi Anda yang menjalani pola latihan secara rutin, bukan bagi mereka yang masih berlatih dengan tidak teratur. Break dari latihan sama pentingnya dengan latihan untuk membangun otot. Bila Anda berlatih intensif, terjadi keausan tubuh. Oleh karena itu otot perlu istirahat untuk memperbaiki diri. Setelah istirahat beberapa saat, tubuh akan jadi lebih kuat dari sebelumnya dan juga lebih fresh untuk berlatih kembali. Ada tiga komponen, yang memainkan peran penting dalam membangun otot, yaitu latihan beban, latihan kardio dan yang paling sering dilupakan adalah istirahat.

Kapan Harus Break Dari Rutinitas Latihan?

Sekarang muncul pertanyaan, kapan harus mengistirahatkan tubuh dari latihan? Nah, jawabannya adalah setiap kali tubuh Anda meminta Anda untuk beristirahat. Ada kalanya tubuh memberikan Anda isyarat kecil, yang harus Anda mengerti. Itu adalah saat tubuh benar-benar lelah dan tidak bisa meneruskan latihan lebih jauh. Pada setiap waktu tersebut, Anda harus mendengarkan tubuh Anda dan beristirahatlah.

Berapa Lama Harus Break?
Lalu pertanyaan berikutnya yang muncul yaitu berapa lama harus beristirahat? Setiap orang memiliki kemampuan dan daya tahan tubuh yang berbeda. Oleh karena itu, Anda akan melihat beberapa orang akan berlatih keras selama 2 hari dan kemudian beristirahat pada hari berikutnya.Yang lain mengambil satu istirahat per minggu. Pada saat yang sama, ada juga orang yang berlatih selama berminggu-minggu dan kemudian mengambil seminggu off latihan. Jadi, kenalilah tubuh Anda sendiri!

Mengambil break dari latihan sepenuhnya akan me-recharge tubuh Anda dengan energi dan semangat yang lebih banyak lagi untuk menjalankan latihan berikutnya. Namun, penting untuk dicatat bahwa ketika Anda mengambil break, atur pola makan dengan baik. Hal ini diperlukan karena tubuh Anda membutuhkan nutrisi untuk tujuan perbaikan dan pertumbuhan otot Anda. Jadi, take a break!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes