Hand Grip

Saatnya Jajal Latihan Hand Grip Terbaik!

Tangan Anda terdiri dari otot, saraf dan tulang yang bekerja secara sinergis untuk membantu Anda mengambil, mendorong, dan menarik berbagai benda. Anda menggunakan tangan setiap hari, sehingga tidak mengherankan bahwa banyak dari kita sering mengalami cedera pada bagian tangan.

Headline

Hal ini sering terjadi pada kebanyakan orang yang gemar berlatih dan orang-orang yang bekerja dalam pekerjaan mekanikal jangka panjang. Dalam artikel kali ini, kami akan menyuguhkan latihan hand grip terbaik yang dapat dilakukan setiap orang untuk memperkuat bagian tangan agar tetap berfungsi dengan baik untuk waktu yang lama. Lalu, mengapa Anda harus berlatih hand grip?

Tangan Anda adalah salah satu bagian tubuh yang orang perhatikan pertama kali. Ketika Anda bertemu seseorang untuk pertama kalinya, kemungkinan besar Anda akan berjabat tangan dengan mereka. Genggaman yang Anda gunakan mungkin dapat menyampaikan bahwa Anda adalah orang yang hangat dan dapat dipercaya atau sebaliknya. Berikut beberapa manfaat lain dari latihan hand grip:

• Meningkatkan Kekuatan Tangan

Latihan hand grip dapat memperkuat pergelangan tangan, lengan dan otot Anda. Jika Anda melakukan hal ini di gym, Anda bisa melihat hasil yang lebih cepat karena Anda dapat berlatih dengan beban berat.

• Meningkatkan Otot-otot Lengan

Latihan hand grip melibatkan gerakan membuka dan menutup pergelangan tangan Anda yang pada intinya berarti Anda juga melibatkan fleksor dan ekstensor lengan bawah. Hal ini akan melatih kekuatan tangan sampai otot-otot, sehingga memberikan penampilan lengan yang kuat.

• Meningkatkan Daya Tahan

Ketika Anda melatih otot tangan Anda selama berlatih hand grip, Anda akan dipermudah untuk melakukan kegiatan yang mengharuskan Anda untuk menggenggam dalam waktu yang lama.

Sekarang Anda sudah tahu beberapa manfaat dari latihan handgrip. Untuk melakukan latihan ini, Anda memebutuhkan sepasang dumbbel ringan, barbel, dan hand gripper. Sekarang simak beberapa latihan hand grip terbaik berikut ini:

1. Static Barbell Hold
Static Barbell

– Genggamlah barbel dan angkatlah ke atas.

– Tekuk lengan dan bentuklah sudut 90 derajat, dan jaga lengan agar tetap di sisi Anda.

– Pegang barbel di tangan Anda selama dua menit, sambil jaga pergelangan tangan Anda agar tetap lurus. Jika Anda tidak kuat mengangkatnya hingga dua menit pertama, Anda bisa melakukannya dalam satu menit.

2. Dumbbell Rotation
dumbbell rotation Fix

Latihan hand grip ini baik untuk melatih otot lengan bagian bawah.

– Ambil sepasang dumbbell dan tahan pada sudut 90 derajat dengan lengan ditekuk di depan Anda.

– Pastikan siku berada di sisi Anda dan bahu Anda rileks untuk mengurangi kemungkinan cedera jika dilakukan dengan gerakan canggung.

– Putar dumbbell jauh dari sisi Anda sejauh yang Anda bisa tanpa memberikan terlalu banyak tekanan pada pergelangan tangan.

– Bawa dumbbell kembali ke posisi semula dengan gerakan lambat.

– Bagi Anda yang suka tantangan, Anda juga dapat memutar dumbbell menuju arah yang berlawanan.

3. Ball Squeeze Exercise
squeeze-ball fix

– Pegang bola di salah satu tangan Anda

– Balutkan ibu jari dan jari-jari di sekitar bola, dan remas secara berkala. Lakukan dalam satu menit.

– Saat meremas bola, angkat tangan ke hingga berada di atas kepala. Tahan dan remas kembali.

– Ulangai pada tangan lainnya.

4. Gripper Exercise
Griper Exercise

Hand gripper biasanya terbuat dari dua pegangan dengan pegas di tengah. Berikut set tercepat dari latihan hand grip yang bisa Anda lakukan:

-Untuk gripper piramida, genggam gripper di salah satu tangan. Genggam satu kali sebelum pindah ke sisi lain. Selanjutnya, tutup genggaman Anda dan lakukan dua pengulangan, dan kemudian ganti ke tangan lain untuk dua pengulangan juga.

-Untuk mengetahui kekuatan genggaman Anda, coba untuk menutupnya sebanyak yang Anda bisa dalam jumlah waktu yang sudah Anda tentukan. Ulangi dengan tangan yang lain.

-Pastikan untuk memberikan jumlah waktu yang sama pada masing-masing tangan, dan perhatikan jumlah tekanan yang Anda kerahkan pada setiap sesi pegangan.

Ketika Anda selesai dengan latihan ini, jangan lupa untuk mendinginkan dengan beberapa pergelangan tangan dengan membentang lengan dan telapak tangan Anda.

Latihan hand grip ini membantu meningkatkan ketangkasan, serta meningkatkan kualitas kehidupan Anda. Kami berharap bahwa artikel ini telah mampu membuat Anda menyadari betapa pentingnya latihan hand grip bagi Anda. (mee)

BACA JUGA: Latihan Beban atau Kardio untuk Menurunkan Berat Badan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes