Saatnya Menguji Kekuatan Eksplosif Tubuh Anda

Pergilah ke bangku latihan dan bersiaplah memasuki uji kekuatan eksplosif tubuh Anda dengan latihan benchpress.
Angkatan maksimal pria rata-rata untuk angkatan benchpress adalah 80 persen dari berat tubuhnya.

latihan-benchpress-eksplosif

Ahli fisiologi latihan menyebut rasio dari berat benchpress terhadap berat tubuh ini sebagai kekuatan absolut seorang pria.

Di Duniafitnes.com kita biasa menyebutnya latihan eksplosif. Ini adalah tenaga yang dikerahkan secara eksplosif yang murni mengambil energi yang ada di dalam jaringan otot Anda. Hasilnya adalah sebuah dentuman kekuatan yang dahsyat.

Bila Anda belum mencapai 80 persen lakukan peningkatan secara berkala baik dengan teknik piramid, plyometrik atau teknik lain pilihan Anda.

Ledakan Plyometric

Apakah secara harfiah Anda mencoba mengangkat berat tubuh Anda atau ingin mengangkat berat yang sama dalam bentuk besi, Anda akan memperoleh manfaat yang sama dari plyometric pushup.

“Latihan ini membangun rate kekuatan produksi otot atau seberapa cepat dapat menjalankan kekuatan,” kata Tom Moffit, C.S .C.S mantan direktur Strenght and conditioning LSU Tigers.

Ambil handuk. Gulung memanjang dan letakkan di lantai. Mulailah dengan posisi pushup klasik dengan tubuh di sisi kiri, pararel dengan handuk. Lalu lakukan pushup dengan kekuatan cukup sehingga hampir seluruh tubuh Anda terangkat dan mendarat di sisi handuk (Anda akan berputar tapi tidak boleh berpindah). Ketika Anda mendarat, segera lakukan pushup berikutnya dan ganti posisi. Lakukan 3 set 8 repetisi.

Kaki: Pilar Kekuatan

Bench press memang biasa menjadi ukuran kekuatan seorang pria. Akan tetapi, faktanya latihan ini tidak memberikan gambaran menyeluruh mengenai kekuatan seorang pria, karena hanya melatih kekuatan tiga kelompok otot, yaitu: dada, bahu, dan trisep.

Apa yang banyak dilupakan oleh banyak pria adalah ilmu konstruksi dasar dalam bangunan tenaga karena pondasi adalah jaminan kekuatan yang kokoh. Dalam hal ini, kaki yang kuat adalah pondasi yang kuat untuk melontarkan kekuatan berdaya ledak tinggi.

Bila paha Anda tampak seperti gagang sapu, bisa dipastikan pondasi kekuatan tubuh Anda kurang kuat. Anda harus melakukan latihan squat untuk membentuknya, tetapi jangan lakukan berlebihan.

“Bila Anda menggunakan memaksakan beban yang terlalu berat, cedera otot dan overtraining akan mengancam Anda,” kata Jim LaFountain seorang fisiolog latihan dan presiden dari All-American Fitness Center di New York.

Cara yang tepat adalah meningkatkan berat beban yang Anda angkat secara bertahap. “Anda perlu terbiasa mengangkat beban di punggung Anda,”kata LaFountain. Untuk itu lakukan squat 2 hari seminggu.

Hari pertama lakukan 12, 8, 6, 4 repetisi. Diikuti 5 set dengan 5 repetisi pada hari kedua latihan. Ulangi rangkaian ini selama 6-8 minggu atau sampai Anda mulai beradaptasi dengan latihan tersebut.

Beban Ringan Repetisi Banyak

Berbeda dengan latihan kekuatan, latihan untuk daya tahan melibatkan penggunaan oksigen untuk pembakaran glikogen otot. Jadi, otot apapun yang Anda latih baik dada, tricep, bicep atau lainnya, gunakan beban antara 50-60 persen dari beban maksimal Anda. Angkat dengan repetisi banyak dengan gerakan cepat.

Angkatan ringan dengan gerakan cepat akan menggerakkan lebih banyak lagi serat otot dan merangsang pengiriman paket oksigen, amino, dan hormon ke otot. Lakukan teknik ini di hari-hari Anda harus mengangkat beban ringan berselang-seling denga hari latihan berat. (dan)

BACA JUGA : KUATKAN OTOT PINGGUL, MILIKI PONDASI YANG KOKOH

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes