Scoliosis Bisa Sembuh dengan Latihan Ini?

Scoliosis adalah kelainan yang menyebabkan lekukan abnormal dari tulang belakang. Penyebabnya ada beberapa faktor, yang pertama adalah faktor genetis atau keturunan. kedua adalah kecelakaan dan yang ketiga adalah cedera saat berolahraga.

Scoliosis-Bisa-Sembuh-dengan-Latihan-Ini

Penyebab lain dari scoliosis adalah tidak seimbangnya panjang kaki seseorang, sehingga ketika ia melakukan latihan , maka beban akan bertumpu pada satu sisi tertentu dan menyebabkan scoliosis.

Jika seseorang telah divonis mengalami scoliosis maka hal yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan secara mendetail terhadap kondisi kesehatan orang yang bersangkutan, agar diketahui aktivitas apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menyembuhkan scoliosis.

Berenang menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat scoliosis. Harus diingat bahwa penderita scoliosis mempunyai tubuh yang tidak seimbang, sebagian kuat dan sisi lainnya lemah.

Latihan lain yang bisa dijadikan pilihan bagi penderita scoliosis adalah back up, dengan cara berbaring telungkup dan mengangkat kedua tangan dan kaki bersama-sama.
Back-Up
Bisa juga dengan mencoba cobra exercise yakni dengan berbaring telungkup, kedua tangan menahan beban tubuh dan mengangkatnya.
Cobra

Ada pula latihan alternate superman, yaitu dengan cara berbaring telungkup, kedua tangan lurus di atas kepala dan kedua kaki mengayun bergantian seperti berenang. Dengan ini Anda bisa melatih otot punggung tanpa perlu berenang.
superman
Seluruh rangkaian latihan bisa dilakukan 20-30 menit. Lakukan pemanasan terlebih dulu agar otot-otot menjadi lentur. Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah, selalu lakukan pemeriksaan rutin dan konsultasikan dengan dokter Anda apakah latihan di atas aman bagi Anda. (dan)

BACA JUGA : Mengapa Duduk Terlalu Lama bisa ‘Membunuh’ Anda?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes