Sebaiknya Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini Saat Latihan Lat-Pulldown

Lat Pulldown merupakan latihan paling efektif untuk mengembangkan otot latissimus dorsi, rhomboid, teres mayor/minor, posterior deltoid dan biceps.

Sebaiknya-Jangan-Lakukan-3-Kesalahan-Ini-Saat-Latihan-Lat-Pulldown

Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan menjadi tidak efektif dan berpotensi cedera bagi Anda. Berikut ini tiga kesalahan paling umum yang mesti Anda hindari saat melakukan Lat Pulldown:

Menarik Bar Dibelakang Leher

Meskipun sendi bahu sangat fleksibel, namun tidak dirancang untuk menarik beban di belakang leher. Apabila hal ini terus dilakukan, maka dalam jangka panjang akan menyebabkan masalah pada bahu Anda seperti impingement (terjepit) dan rotator cuff tears (robeknya rotator cuff, jairngan otot yang ada di bahu).

Saat melakukan Lat Pulldown, tarik bar ke bagian atas dada di dekat daerah tulang selangka. Hal ini mengharuskan punggung Anda melengkung ke depan, dengan dada mendorong ke depan serta sedikit menarik bahu dan siku ke belakang torso (batang tubuh).

Anda mungkin harus memiringkan sedikit badan Anda kebelakang agar wajah tidak mengenai bar saat menariknya. Jangan gunakan batang tubuh bagian atas Anda untuk membantu menarik beban saat melakukan pulldown. Biarkan otot-otot bagian atas punggung dan lengan melakukan semua pekerjaan tersebut.

Menarik Bar Ke Pinggang

Gerakan menarik bar ke pinggang/rusuk bawah menjadi sia-sia dan tanpa tujuan. Bahkan sebaliknya, bahu akan menjadi stress (tegang) saat Anda melakukan latihan ini. Menarik bar ke pinggang atau daerah rusuk bawah mungkin merupakan kesalahan paling umum yang orang buat saat melakukan Lat Pulldown. Sebagaimana disebutkan di atas, bar seharusnya ditarik ke dada bagian atas untuk latihan yang aman dan efektif.

Jarak Pegangan Terlalu Lebar

Beberapa orang sering memegang pada bagian ujung-ujung bar. Hal ini salah karena beberapa alasan. Pertama, pegangan yang ekstra lebar dapat membuat gerakan menjadi tidak maksimal. Kedua, pegangan terlalu lebar meningkatkan pemisahan kekuatan pada sendi bahu yang berakibat masalah pada bahu Anda.

Jarak pegangan yang tepat pada Lat Pulldown adalah pegangan sempit (narrow grip) berkisar 15-30 cm atau pegangan lebar (wide grip) yang berkisar 8-15 cm lebih lebar dari lebar bahu Anda.

Pegangan yang lebih sempit akan merenggangkan otot lat dan membantu range punggung menjadi lebih lebar. Sedangkan pegangan yang lebar akan lebih berpengaruh pada otot trapezius dan otot lat inti Anda. Untuk hasil maksimal dianjurkan untuk melakukan keduanya.

Pastikan diri Anda untuk tidak melakukan tiga kesalahan tersebut dan mengikuti saran-saran di atas untuk melakukan Lat Pulldown yang lebih produktif dan aman.

Lat Pulldown adalah latihan yang sangat baik untuk membentuk tubuh bagian atas bila dilakukan dengan benar. Selamat berlatih!

BACA JUGA : Kenapa Harus Fitnes untuk Menambah Berat Badan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes