antara pendidikan dan tubuh ideal

Seimbangkan Antara Pendidikan dan Membentuk Tubuh Ideal

Ya, jika Anda masih mengenyam pendidikan baik itu di sekolah menengah ataupun di perguruan tinggi, semuanya wajib memprioritaskan pendidikan di atas segalanya. Namun, kebanyakan dari mereka tidak pernah bisa membagi waktu antara sekolah/ kuliah, bermain, dan fokus untuk menerapkan gaya hidup sehat. Lalu, bagaimana mengatasinya agar pendidikan dan program latihan Anda dapat berjalan secara beriringan? Berikut adalah informasinya untuk Anda!

Headline young 2

1. Persiapkan Diri Sebelum Menuju Kelas

Saat Anda kurang tidur, maka ketika pagi menjelang Anda tentunya tak ingin melangkah dari tempat tidur, apalagi bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah ataupun perguruan tinggi, maka akan malas rasanya untuk menuju mengikuti mata pelajaran. Ya, untuk itu sebabnya Anda tak perlu untuk melakukan begadang. Untuk menambah Anda lebih semangat ketika di kelas, sebelumnya persiapkan beberapa makanan dan masukkan ke dalam ransel Anda. Ada baiknya, jik makanan tersebut adalah makanan dengan sumber protein tinggi. Lebih baik lagi jika Anda membawa protein bubuk untuk tetap memberikan asupan protein yang memadai bagi tubuh Anda.

2. Dalih Berhemat, Namun Makanan Tak Sehat

Ya, hal ini amat dirasakan bagi mereka yang merupakan anak perantauan dengan hanya menyewa sebuah kamar demi mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Memang, Anda akan selalu dituntut untuk berhemat, karena hidup terpisah dengan orang tua. Namun,bukan berarti Anda berhemat secara berlebihan dan memilih menu makanan yang tidak sehat. Jika Anda memang benar-benar peduli dengan pembentukan tubuh ideal Anda, maka mulai sekarang belilah makanan yang Anda butuhkan demi mendapatkan bentuk tubuh yang Anda inginkan.

Tidak usah khawatir untuk mengeluarkan kocek terlalu mahal, hanya karena banyak makanan yang kelihatannya disepelekan, namun memiliki dampak yang luar biasa. Ya, misalnya dengan mengonsumsi telur, susu, ayam, dan ikan setidaknya sudah cukup membuat Anda memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, meskipun hal tersebut belum begitu maksimal.

3. Prioritaskan Sesi Latihan

Pastikan Anda mempunyai waktu untuk gym. Jika Anda tak mempunyai rencana atau jadwal latihan, maka Anda bisa melirik latihan dengan cara-cara yang lebih simpel. Misalnya, seperti teman sebelah kamar Anda yang membeli beberapa barbell untuk latihan di dalam kamarnya. Tidak perlu menghabiskan waktu terlalu banyak, dan yang paling penting, Anda tak perlu mengeluarkan kocek Anda untuk pergi ke gym.

4. Membuat Keputusan Cerdas dalam Memilih Menu Makanan

Siapapun yang sedang mengenyam perguruan tinggi atau sekolah menengah, mungkin sepakat bahwa kantin sekolah atau perguruan tinggi bukan langkah yang cerdas untuk anda pilih sebagai santapan siang. Makanan berminyak, junk food, dan ‘makanan sampah’ lainnya begitu banyak Anda temukan. Namun, masih saja Anda menyantap tanpa ada perasaan bersalah dengan tubuh Anda.

Jika Anda memang benar-benar ingin membentuk tubuh Anda dan menjadi pusat perhatian bagi teman-teman wanita Anda, maka butuh sedikit pengorbanan untuk meraihnya. Untu itu, ketika berada di kantin Anda bisa memilih menu sayur-sayuran segar, dada ayam, ataupun buah-buahan. Penting juga bagi Anda untuk menghindari minuman kaleng dengan rasa yang manis dan minuman berkarbonasi lainnya. Satu yang pasti, jangan sampai rasa lapar membuat Anda kalut dengan menyantap apa saja makanan, meski hal tersebut tak baik bagi pembentukan tubuh ideal Anda.

5. Fokus Pada Masa Depan Anda

Ingatlah bahwa Anda saat ini tercatat sebagai siswa atau mahasiswa di tempat Anda mengenyam pendidikan. Dengan demikian, tujuan utama Anda adalah untuk belajar dan meraih prestasi sebanyak-banyaknya untuk masa depan Anda kelak. Jangan jadikan program-program latihan atau niat Anda untuk membentuk tubuh ideal justru mengganggu nilai akademik Anda. Karena, segala sesuatunya harus berjalan dengan beriringan dan adil. Untuk itu, prioritaskan pendidikan di atas segalanya.

Ya, niat dalam menerapkan gaya hidup sehat memang penting. Namun, bukan berarti itu menjadi alasan untuk tidak memperhatikan pendidikan Anda. Bedakan antara kapan saatnya Anda harus serius dengan pendidikan dan melakukan program latihan Anda. Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Ngemil Almond Bisa Atasi Perut Buncit Lho!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes