cara membentuk otot

Sering Cedera Saat Latihan? Mungkin Anda Kurang Perhatikan Sesi Penting Ini!

Sebelum melakukan latihan rutin, sangat disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Mengapa harus melakukan pemanasan? Salah satunya adalah untuk menghindari cedera.

pemanasan dinamis

Selama latihan, tubuh Anda akan mendapat banyak stres. Gerakan yang cepat dan kuat untuk merangsang otot-otot Anda. Karena itu, sangat penting mempersiapkan tubuh sebelum latihan dengan pemanasan agar performa latihan berjalan maksimal.

Sayangnya, banyak yang melewatkan bagian ini. Apakah termasuk Anda? Kami harap bukan!

Apakah memang penting melakukan pemanasan sebelum latihan?

Pemanasan untuk Mencegah Cedera

Ketika kondisi tubuh masih dingin dan melakukan latihan, itu akan membahayakan bagi beberapa bagian tubuh seperti otot, tendon, dan ligamen. Gerakan yang tiba-tiba dapat menyebabkan ketegangan pada bagian tubuh yang dilatih. nfl jerseys reddit for sale near me Pada akhirnya, gerakan yang mengagetkan otot tersebut dapat membuat otot robek atau cedera.

pemanasan dinamis

Jika tidak ingin itu terjadi, maka lakukanlah pemanasan sebelum memulai latihan.

>> Warming Up Atau Pemanasan <<

Pentingnya Pemanasan Bagi Tubuh

Pertama, tubuh Anda akan menghangat dan denyut jantung meningkat sehingga aliran darah terpompa lancar saat latihan. Aliran darah sangat penting karena membawa nutrisi yang sangat penting bagi tubuh ketika hendak dipaksa melakukan latihan.

Melakukan pemanasan juga akan dapat memproduksi synovia (cairan sinovial) yaitu cairan pelumas pada kapsula sendi yang membuat tulang rawan lebih tebal dan tendon menjadi lebih elastis.

Belum cukup sampai di sini, melakukan pemanasan juga sangat mendukung mental Anda. Hal inilah yang paling sering dianggap remeh. Simak juga video tentang Pentingnya Pemanasan untuk Performa Latihan.

Melakukan pemanasan dapat meningkatkan aliran darah di otak dan bagian tertentu lain yang diaktifkan melalui pelepasan neurotransmiter, konsentrasi pun akan menjadi meningkat. Sehingga, pemanasan dapat membuat Anda lebih termotivasi, fokus, nfl jerseys all teams alibaba dan berkomitmen.

Manfaat-manfaat melakukan pemanasan:

pemanasan dinamis

• Meningkatkan pasokan oksigen dalam aliran darah
• Meningkatkan kecepatan perjalanan sinyal syaraf yang memerintah gerakan tubuh
• Meningkatkan reaksi otot dalam melakukan latihan
• Mengurangi ketegangan otot
• Meningkatkan kelenturan tubuh saat latihan
• Mengurangi risiko cedera latihan

Pemanasan Seperti Apa yang Harus Anda Lakukan?

Meski harus melakukan pemanasan, jangan sampai energi Anda terkuras di sesi ini. Lakukanlah secara perlahan hingga merasa kondisi tubuh (suhu) sudah mulai naik.

Setelah itu segera lakukan gerakan latihan setelah pemanasan sebelum suhu tubuh cepat turun jika tanpa gerakan dalam 5-10 menit. [Baca Juga: Pemanasan Unik Sambil Bakar Lebih Banyak Kalori]

Ada dua jenis pemanasan, yaitu pemanasan statis (dalam posisi tidak bergerak) seperti stretching atau peregangan otot. Dan pemanasan dinamis (pemanasan dengan bergerak) seperti jogging atau berlari. Dan dalam artikel ini akan membahas tentang pemanasan dinamis.

Apa yang Perlu Dilakukan untuk Pemanasan Dinamis?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pemanasan dinamis adalah pemanasan dengan gerakan yang berkesinambungan atau saling berkaitan. Tidak seperti pemanasan statis, yang pada umumnya melibatkan pose tunggal selama satu atau dua menit, pemanasan dinamins menggunakan serangkaian gerakan terkontrol. michael kors access apple watch

Contoh gerakan untuk pemanasan dinamis antara lain seperti:

• Jogging
• Jumping Jack, atau
• High Knee
• Butt Kicks

pemanasan dinamis

pemanasan dinamis

Gerakan pemanasan dinamis lain yang dapat dilakukan seperti menganggukan ke atas dank e bawah, gerakan tangan membentuk huruf s, atau memutar pinggang ke kanan dan ke kiri. Ketika melakukan gerakan ini, jaga intensitas tetap sedang dan stabil.

Durasi pemanasan sendiri berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Anda harus merasakan detak jantung dan kerja otot meningkat sebelum benar-benar melakukan latihan.

Selamat berlatih! (ctr)

BACA JUGA: Kembalikan Otot Setelah Libur Latihan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes