Sering Sakit di Bagian Punggung, Perbanyak Latihan Ini!

Apakah Anda sering mengalami sakit di bagian punggung, bahu, ataupun leher? Jika ya, maka mulai saat ini perhatikan latihan Anda dengan gerakan-gerakan yang dapat meringankan gejala tersebut.

Back Pain

Itulah sebabnya, duniafitnes.com merekomendasikan gerakan baru yang cukup asing di telinga Anda. Gerakan tersebut adalah wall slides, thoracic rotations, and single-leg hip raises. Ketiga gerakan tersebut memang terhitung cukup simpel apabila dibandingkan dengan gerakan lainnya yang lebih rumit dan membutuhkan banyak waktu. Bahkan, ketiga gerakan tersebut bisa dilakukan tanpa harus pergi ke gym terlebih dahulu.

Gerakan tersebut berfungsi untuk mengimbangi intensitas ketika Anda hanya duduk berdiam diri menghadap komputer ketika bekerja. Hal itu merupakan posisi buruk, sehingga rentan menyebabkan leher, punggung, dan bahu menjadi sakit.

Nah, kabar baiknya adalah, Anda dapat terhindar dari hal tersebut jika melakukan gerakan wall slides, thoracic rotations, and single-leg hip raises. Dengan melakukan ini, Anda tidak perlu mengangkat beban dan tidak akan mengeluarkan keringat. Sehingga, Anda dapat melanjutkan aktivitas sehari-hari tanpa menguras energi Anda. Berikut adalah ketiga gerakan tersebut.

1. Wall Slides

Wall Slider

Wall slides adalah salah satu latihan penguatan closed kinetic chain untuk otot quadrisep. Caranya, dengan menempelkan bagian tubuh pada dinding secara vertikal. Kemudian, rentangkan kedua tangan pada posisi menghadap ke atas, serta pastikan siku Anda berada pada posisi 90 derajat dan lengan atas sejajar dengan bahu. Kemudian, naikkan lengan ke atas dan kembali turunkan hingga posisi lengan kembali sejajar dengan bahu. Ulangi gerakan tersebut 10-15 kali secara berulang. Latihan ini berguna untuk mengembalikan postur bahu dan punggung agar kembali normal.

2. High Rises

sINGLE lEG

High Rises adalah gerakan di mana Anda mengangkat pantat dan memfokuskan berat tubuh pada bagian kaki dan bahu. Ini merupakan gerakan yang wajib Anda lakukan, jika Anda mempunyai intensitas duduk yang lebih sering. Gerakan ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah ke otak, sehingga dapat memaksimalkan kinerja otak. Bukan hanya itu, melalui gerakan ini pula dapat merelaksasikan pinggul Anda, setelah sekian hari banyak menghabiskan waktu untuk duduk ketika Anda bekerja.

3. Thoracic Rotation

Standing Rotation
Seperti kedua gerakan sebelumnya, Thoracic Rotation adalah gerakan yang bagus untuk mengembalikan postur tubuh bagian atas Anda. Dengan melakukan gerakan tersebut, maka Anda akan dapat melatih otot perut, Kuadrisep, otot pantat, dan keseluruhan tubuh Anda.

Dengan berdiri tegak dan condong ke depan pada pinggang, lalu angkatlah satu kaki ke atas dan rentangkan di belakang sambil membusungkan dada. Sehingga, membentuk garis lurus dari kaki hingga kepala. Selanjutnya, rentangkan kedua lengan lurus di hadapan Anda, telapak tangan saling menghadap. Perlahan, buka satu lengan dengan memutarnya ke atas dan memutar posisi dada. Turunkan lengan secara terkontrol dan kembali ke posisi awal tanpa menurunkan kaki.

So, selalu lakukan latihan ini dan terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari sakit punggung, bahu, dan leher. (gie)

BACA JUGA: 4 Menit untuk Pacu Metabolisme yang Lebih Cepat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes