Sit Up Terus-Terusan Belum Menjamin Perut Terlihat Sixpack, Coba dengan Variasi Plank!

Sit up memang menjadi latihan yang paling populer untuk melatih perut, termasuk program pembentukan perut sixpack. Namun, hanya melakukan sit up terus-terusan belum tentu pahatan sixpack Anda muncul. Jika memang demikian, coba dengan variasi gerakan plank.

Apakah Anda, terutama fitnes mania pria, ingin memiliki pahatan perut sixpack? Hampir semua fitnes mania pasti menginginkannya. Banyak sekali yang ingin memiliki atau mendapatkan otot perut yang kencang dan sixpack. Dan yang populer untuk memahat perut sixpack dengan cara sederhana adalah dengan melakukan sit up.

Sit Up Setiap Hari Belum Menjamin Sixpack Terlihat

PlankSitUp

Sit up memang direkomendasikan untuk pembentukan perut sixpack. Namun jika hanya melakukan gerakan ini saja dan terus-terusan, bisa jadi malah dapat menghambat program fitnes mania. Daripada melakukan sit up terus dan tidak mendapatkan hasil, sebaiknya kombinasikan dengan latihan beban dan juga latihan kardio lainnya.

Baca Juga: 500 Kali Sit Up Tak Jamin Anda Dapatkan Perut Sixpack

Tak Hanya Perut, Plank Juga Melatih Banyak Otot Tubuh Anda

Plank menawarkan sejumlah manfaat yang bisa fitnes mania dapatkan. Selain simpel, gerakan latihan ini sangat menantang dan efektif melatih otot inti dan beberapa otot lain seperti bahu, dada, bicep, tricep, glutes, atau paha Anda. Sebuah penelitian dari Pennsylvania State University mengatakan, melakukan latihan plank menyebabkan aktivasi otot sebanyak 20 persen lebih banyak daripada sit up.

Selain membantu program perut sixpack, plank juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh, fleksibilitas, serta keseimbangan tubuh. Karena bekerja pada otot punggung, dada, dan bahu, maka plank dapat membantu meningkatkan kekuatan otot inti Anda.

Variasi Plank untuk Pahatan Perut Sixpack

Plank menawarkan sejumlah manfaat bagi otot tubuh, terutama bagian perut. Agar perut terlihat kencang dan sixpack, plank dapat dijadikan rekomendasi untuk mewujudkannya. Berikut beberapa variasi plank yang dapat membantu fitnes mania untuk memiliki otot perut yang kencang dan juga sixpack.

>> Bosan dengan Latihan Plank Biasa, Yuk Jajal Variasinya! <<

One Arm Full Plank

PlankOneArm1

Awali dengan posisi plank. Lalu angkat tangan kiri Anda dan tempatkan di belakang punggung. Tekan dengan kuat melalui tangan kanan sambil tetap menjaga pinggul dan bahu selaras dengan lantai. Tahan selama 30 detik untuk masing-masing sisi.

Star Side Plank

PlankStarSide

Awali posisi dengan berbaring miring menghadap ke kanan. Kemudian angkat tubuh dengan tangan kanan menopang berat badan. Pertahankan selama 30-60 detik setelah posisi tangan kanan lurus dan lakukan pada masing-masing sisi.

Plank Push and Pull

PlankPush

Awali dengan posisi plank dan siapkan beban (plate) di depan Anda. Kemudian geser plate ke depan dengan tangan kanan, lalu tarik kembali. Lakukan selama 30 detik dan juga lakukan pada masing-masing sisi.

Mountain Climber Push Up

PlankMountain

Mulai dengan posisi plank, tarik lutut kanan ke siku kanan Anda sambil menurunkan berat badan. Ketika tubuh naik, kembalikan posisi kaki seperti semula. Lakukan pada masing-masing sisi selama satu menit.

Frog Jump

PlankFrog1

Awali dengan posisi plank. Tekuk lutut sedikit dan melompat ke depan dengan posisi lebih lebar dari tangan. Setelah posisi hampir sama seperti squat, langsung kembali ke posisi awal. Ulangi selama 1 menit.

Forearm Hip Abduction/Adduction

PlankForeArm

Awali dengan posisi forearm plank dan ujung kedua kaki menopang pada gliding discs. Kemudian lebarkan kedua kaki ke samping selebar yang Anda mampu. Kemudian kembali ke posisi awal dan lakukan gerakan ini selama satu menit.

Medicine Ball & Bosu

PlankBosu

Awali dengan posisi plank, kedua tangan menopang medicine ball sementara kedua kaki menopang di bola bosu. Jaga keseimbangan dan tahan posisi ini selama satu menit.

Munculkan Perut Sixpack Berarti Pangkas Lemak Berlebih

Pada dasarnya, setiap orang memiliki perut sixpack. Hanya saja, banyak yang tidak berhasil muncul karena perut tertutup oleh timbunan lemak. Agar sixpack, tentu harus mengurangi kadar lemak dalam perut. Ini artinya, fitnes mania juga diharuskan untuk mengurangi lemak di seluruh tubuh.

Karena itu, latihan yang menargetkan otot tubuh lain juga direkomendasikan untuk mendukung program sixpack seperti latihan beban dan kardio untuk memangkas timbunan lemak berlebih dalam tubuh fitnes mania.

Untuk membantu Anda DAPAT perut sixpack, Anda bisa download ebook GRATIS ini dilengkapi dengan panduan latihan dalam program fitnes Anda. Download DI SINI.

banner-DF-Ebook

Note: Imbangi latihan dengan pola makan yang tepat, istirahat yang cukup serta suplementasi yang tepat agar lemak di perut terkikis dan pahatan perut sixpack terlihat >> Ultra Ripped Fast Acting Formula dari Ultimate Nutrition

So, sudah siap untuk latihan plank hari ini? (ctr)

Baca Juga: Sit Up, Latihan Sederhana yang Efektif Membentuk Perut Sixpack

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes