latihan setelah lebaran

Strategi Jitu Mencegah Berat Badan Bertambah Pasca Lebaran

Hidangan khas Lebaran memang akan sulit dilewatkan. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan dan sembarangan, hal itu bisa berdampak pada berat badan Anda. Ya, biasanya menu ketika liburan seperti Lebaran mengandung kalori yang tinggi dan bisa menambah berat badan. Tentunya, hal ini akan menjadi tantangan bagi mereka yang ingin menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

latihan setelah lebaran

Saking banyaknya makanan yang menggoda, Anda terlena untuk mengonsumsi semua. Lalu bagaimana solusi jika hal itu dilakukan? Cara terbaiknya adalah mengimbanginya dengan melakukan olahraga. Selain mengatur pola makan, olahraga atau latihan merupakan langkah efektif untuk memangkas timbunan lemak berlebih dan menjaga berat badan Anda tetap ideal selama liburan.

Latihan Kardio

Karena masih dalam suasana Lebaran, mungkin sedikit sulit untuk mengatur jadwal pergi ke gym. Namun, tidak ada salahnya untuk berlatih. Alternatifnya adalah dengan melakukan latihan ringan seperti latihan kardio. Latihan kardio yang dilakukan tidak harus dengan intensitas tinggi. Misalnya dengan jogging di pagi hari bersama keluarga untuk menjaga metabolisme tubuh tetap aktif. Atau dengan latihan kardio lain seperti, bersepeda, lari, atau berenang.

Latihan Beban

Latihan beban juga tidak harus dilakukan di fitness center. Anda dapat melakukan latihan beban di rumah misalnya dengan menggunakan dumbbell (jika ada). Jika tidak ada peralatan seperti dumbbell, Anda dapat melakukaan latihan bodyweight, yaitu latihan dengan beban berat badan Anda. Misalnya push up, plank, squat, atau mountain climber.

Latihan, baik latihan kardio atau latihan beban, akan membantu menjaga berat badan tetap ideal selama liburan Lebaran, juga membuat tubuh Anda sehat secara keseluruhan.

Tak hanya latihan, mengatur pola makan juga tetap menjadi langkah yang perlu diperhatikan. Meski banyak makanan yang mengundang selera, sebaiknya untuk selalu cermat dan seimbang memilih makanan. Pastikan untuk tetap makan sayur-sayuran, buah-buahan, serta minum air putih yang cukup.

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Latihan Bikin Liburan Lebih Sehat dan Seru

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes