latihan bicep

Strategi Maksimal untuk Bicep Lebih Menawan

Memiliki otot bicep yang besar dan kuat banyak diidamkan oleh kaum adam. Banyak cara dan latihan yang direkomendasikan untuk mewujudkannya. Sebelum memulai latihan, ada baiknya untuk memahami otot bicep.

latihan bicep

Bicep merupakan otot pada bagian depan lengan atas. Otot bicep meliputi long head dan short head yang bekerja sebagai otot tunggal. Otot bicep melekat pada tulang lengan karena jaringan ikat keras yang disebut tendon, yaitu proximal bicep tendon dan distal bicep tendon. (Baca juga: Workout List: Bicep & Forearms)

Masalah Pada Bicep

latihan bicep

Bicep tegang
Ini merupakan kondisi yang mana disebabkan karena over stretching dan serat otot bisep atau tendon robek. Biasanya hal ini ditunjukkan dengan nyeri atau pembengkakan.

Proximal bicep tendon pecah
Ini merupakan suatu kondisi yang mana satu dari dua tendon menjauh dari tulang. Gejalanya antara lain nyeri bahu mendadak, atau muncul benjolan di bicep.

Distal bicep tendon pecah
Nyeri secara tiba-tiba di bagian depan siku dan lengan melemah.

Proximal bicep tendonitis
Memaksa bicep bekerja keras berulang-ulang dan masalah pada bahu dapat membuat proximal bicep tendon teriritasi yang bisa berakibat nyeri pada bahu dan otot bicep.

Bicep kontraksi
Ini biasanya terjadi pada seseorang pasca mengalami stroke berat karena bicep kontraksi secara permanen ketika siku ditekuk.

Bicep Workout

Agar bicep lebih kuat maka perlu dilatih. michael kors ava kors ankle boots Banyak sekali metode latihan yang ditujukan untuk membuat bicep Anda lebih kuat dan menawan. Latihan untuk membentuk otot bicep disebut dengan curl. Baca artikel lain ‘3 Latihan Berbeda untuk Maksimalkan Pertumbuhan Bicep’. Dan berikut ini beberapa cara agar latihan curl Anda maksimal untuk membentuk bicep lebih kuat dan menawan.

1. Variasi Grip

latihan bicep

Lebar grip ketika Anda melakukan barbell curl dapat membuat berbeda pada pertumbuhan bicep Anda. Dengan menggunakan grip standar selebar bahu adalah hal yang biasa dilakukan. Karena itu, jika ingin bicep terlihat lebih besar maka lakukan variasi grip seperti close grip, wide grip, atau hip-width grip.

Tips: Anda dapat melakukan latihan bicep curl dengan empat set. Set pertama dengan memakai close grip, set kedua hip-width grip, set ketiga shoulder-width grip, dan set terakhir dengan wide grip

2. Seated Barbell Curl

monster beats studio wireless by dre com/wp-content/uploads/2015/04/Bicep-seated-barbell.jpg” alt=”latihan bicep” width=”530″ height=”250″ class=”aligncenter size-full wp-image-53181″ />

Banyak yang bisa mengangkat beban lebih berat 20-30 persen orang yang melakukan seated barbell curl daripada mereka yang melakukan standing barbell curl. Karena dengan melakukan barbell curl sambil duduk akan fokus memberi tekanan pada otot bicep Anda.

Tips: Cara terbaik melakukan seated barbell curl adalah dengan melakukannya pada pertama kali saat latihan untuk otot bicep Anda. Misalnya, lakukan tiga set seated barbell curl kemudian baru lakukan 2-3 standing barbell curl.

3. Seated Incline Dumbbell Curl

latihan bicep

Seated incline dumbbell curl adalah salah satu cara terbaik untuk membuat bicep Anda terlihat lebih besar dan kuat.

Tip: Setelah melakukan barbell curl, pindah ke incline curl. Langkah pertama adalah lakukan pada kemiringan 30 derajat hinggai failure, lalu lanjutkan pada kemiringan 45 derajat hingga failure dan selesaikan satu set pada kemiringan 60 derajat.

4. Hammer Curl

latihan bicep

Hammer curl juga sangat berperan penting dalam pembentukan bicep yang kuat dan besar. Kuncinya adalah Anda harus konsisten dalam melakukannya di setiap latihan untuk bicep Anda.

Tips: Coba lakukan cross body hammer curl dengan mengangkat beban hingga lengan dan bicep membentuk sudut 45 derajat (seperti pada gambar). michael kors apple watch band activity tracker Ini akan memberi tekanan pada otot long head bicep Anda.

5. Band Curl

latihan bicep

Meski terlihat sederhana, latihan ini juga dapat membantu membuat bicep Anda lebih kuat dan menawan. Band curl memberikan jenis resistensi unik yang disebut linear variable resistance. Hal ini berarti range of motion (ROM) meningkat selama latihan, demikian pula resistensinya. Band curl dapat membantu meningkatkan power dan kekuatan bicep.

Tips: Lengkapi latihan bicep Anda dengan melakukan band curl sebanyak tiga set 10-15 repetisi hingga failure.

Jangan lupa, daftar segera di newsletter DuniaFitnes.com dengan klik di sini dan dapatkan informasi terbaru mengenai fitnes, diet, dan healthy. Selamat berlatih.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes