Sullivan Stapleton: Punya Sixpack Setelah Tampil dalam Rise of an Empire

Namanya memang belum setenar Gerard Butller yang bermain sebagai King Leonidas dalam film ‘300’ tahun 2006 silam. Tapi kepiawaiannya dalam berakting dan kegigihannya berlatih demi mendapatkan tubuh kekar ala prajurit Sparta dalam Rise of an Empire patut diacungi jempol.

rise-of-an-empire3

Sullivan Stapleton adalah seorang aktor Australia yang lahir pada 14 Juni 1977. Ia dikenal publik lewat perannya dalam serial televisi Strike Back dan Animal Kingdom. Sullivan mulai tertarik dengan dunia akting sejak ia masih berumur 8 tahun. Di usia ini pula ia mengikuti sekolah akting dan modelling bersama adik perempuannya Jacinta Stapleton.

Menginjak remaja ia pun mendalami akting di Melbourne’s St. Martin’s Theater dan Sandringham Secondary College mengambil jurusan drama dan teater. Beberapa produser iklan yang melihat bakat Sullivan mulai menawarinya kontrak untuk bekerja sama. Di sinilah karir Sullivan dimulai.

rise-of-an-empire4

Ia pun turut membintangi film Australia berjudul Baby Bath Massacre yang merupakan film layar lebar perdananya. Selain menjadi aktor muda, Sullivan juga punya pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ia sempat berprofesi sebagai model, pramuniaga di toko hewan, asisten kameramen, hingga pekerja bangunan.

Tak Pernah Bermimpi Mendapatkan Peran Besar

Bisa dikatakan Rise of an Empire adalah film besar pertamanya di mana ia menjadi tokoh sentral dalam film ini. Rise of an Empire merupakan lanjutan dari 300 yang dibintangi Gerard Butler. Film ini menceritakan nasib bangsa Sparta pasca kematian King Leonidas yang dibunuh oleh Xerxes.

rise-of-an-empire2

Adalah Jenderal Themistokles (Sullivan Stapleton), yang berambisi menyatukan seluruh kerajaan di Yunani. Dikisahkan Themistokles berhasil membunuh raja Darius yang ternyata adalah ayah dari Xerxes. Dari sinilah konflik dan peperangan dimulai.

Berperan sebagai Jenderal Themistokles tidak pernah terpikirkan sebelumnya dalam benak Sullivan. “Ada begitu banyak aktor yang pantas memerankannya (Jenderal Themistokles), dan Noam (sutradara Rise of an Empire) melihat saya di antaranya. Ini sungguh mengesankan,” terang Sullivan.

Train Like a Spartan

Selain proses produksi film yang cukup melelahkan, Sullivan mengatakan bahwa tidak ada yang lebih menantang selain berlatih membentuk tubuh ala prajurit Sparta. “Saya tidak pernah mengira akan punya sixpack di usia sekarang (37 tahun). Saya pikir semua itu genetik, tetapi Anda bisa mendapatkannya dengan usaha yang keras,” ungkap aktor yang juga bermain dalam Gangster Squad ini.

Untuk mendapatkan tubuh lean dan atletis ala prajurit Sparta, Sullivan didampingi Gym Jones, seorang personal trainer yang biasa melatih para aktor sebelum tampil di layar lebar. Lewat tangan dingin Gym Jones pula para aktor film 300 berhasil mendapatkan tubuh keren ala prajurit Sparta.

Dalam waktu 12 minggu, Sullivan harus mampu menurunkan lemak tubuhnya hingga 13 kg. “Ini adalah sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Saya datang ke gym untuk melihat daftar program latihan dan bertanya pada Jones; ok, jadi ini latihan saya? Jones menjawab, bukan, itu hanya pemanasan!” kenang Sullivan.

rise-of-an-empire

Ia pun wajib melahap menu latihan menggunakan pedang selama 1,5 jam dan latihan beban setelahnya selama 1 jam. “Saya tidak pernah mengira ini akan menjadi kebiasaan. Ketika saya mendarat di Bulgaria untuk syuting, kaki ini langsung melangkah menuju gym. Satu hal yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Ini benar-benar menyenangkan, karena saya melihat guratan sixpack di sana (perut),” terang Sullivan sambil tertawa.

Tidak hanya rajin nge-gym, olahraga lain pun tak luput dari rutinitas Sullivan. Ia sangat gemar melakukan olahraga outdoor seperti bersepeda, tennis dan berlari. “Semua yang membuat tubuh berkeringat saya suka melakukannya,” tambahnya.

Untuk urusan diet, Sullivan mengikuti program diet dari aktor-aktor pendahulunya yakni pola makan tinggi protein dan rendah karbohidrat. Bedanya ia lebih suka mengonsumsinya dengan cara diminum ketimbang dimakan.

Well, sudah siapkah Anda memiliki tubuh ala prajurit Sparta? (dan)

Untuk membantu Anda DAPAT perut sixpack, Anda bisa download ebook GRATIS ini dilengkapi dengan panduan latihan dalam program fitnes Anda. Download DI SINI.

banner-DF-Ebook

BACA JUGA : The 300 Workout, Latihan ala Prajurit Sparta

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes