latihan fly untuk dada

Super Fly: Latihan Pembentuk Dada Agar Bidang dan Tegap

Apa Anda menginginkan dada yang bidang? Jika ya, maka Anda perlu mencoba latihan fly. Latihan ini merupakan latihan terbaik untuk membentuk otot dada Anda agar mempunyai bentuk semakin bidang. Namun, banyak orang ketika melakukan latihan ini sering kali mengabaikan kesalahan-kesalahan kecil. Lalu, bagaimana cara melakukan latihan ini dengan benar? Berikut adalah informasi lengkapnya untuk para FitnesMania sekalian!

Training_-Super-Fly-Workout-2

Apa Itu Latihan Fly?

Jenis latihan fly termasuk ke dalam gerakkan isolasi, yakni hanya otot tertentu saja yang mengalami pertumbuhan sesuai dengan target latihan yang telah dilakukan. Gerakan dasar fly adalah sama halnya ketika Anda sedang memeluk pohon besar atau barel. Namun, kesalahan yang paling umum dilakukan ketika melakukan latihan fly dengan gerakan-gerakan terbang adalah Anda terlalu menekannya. Ini biasa dilakukan ketika Anda melakukan latihan cable crossover. Ketika Anda keberatan menarik beban, maka Anda akan melibatkan otot lain untuk memudahkannya, yakni dengan cara terlalu menekannya.

Kesalahan Ketika Melakukan Latihan Fly

Lalu, bagaimana indikasi Anda telah salah melakukan latihan fly? Itu bisa Anda tahu dengan melihat pada cermin saat melakukan latihan ini. Jika Anda terlalu melihat siku Anda menekuk dan kemudian meluruskannya kembali, maka hal tersebut merupakan indikasi bahwa bukan lagi melakukan gerakan fly, namun hal tersebut adalah gerakan menekan.
Satu yang wajib Anda ingat, bahwa latihan fly biasanya tidak dilakukan dengan repetisi yang rendah, misalnya dengan latihan chest press. Hal ini dikarenakan, ketegangan akan mempengaruhi sendi di siku Anda. Untuk itu, lakukan setidaknya 10-12 repetisi.

Variasi Latihan Fly

Berikut adalah dasar-dasar yang harus Anda perhatikan dalam melakukan latihan fly beserta dengan variasinya!

Cable
kabel
Ketika melakukan cable fly (kabel terbang), tarik masing-masing kabel di sisi kanan-dan kiri Anda menggunakan lengan Anda. Ingat, bahwa ketinggian katrol menentukan arah tertentu atau sudut tarik yang Anda lakukan. Maka, Anda dapat menyesuaikan ketinggian katrol dengan menggesernya ke daerah Anda memberikan tekanan pada pecs Anda.
Kabel juga menjaga ketegangan pada dada saat Anda mengambil rentang gerak ketika melakukan latihan ini. Berbeda dengan dumbbell, dengan menggunakan kabel, maka Anda bisa menyilangkan tangan sembari menarik kabel, sehingga hal tersebut akan membuat pecs Anda semakin bekerja dengan keras.

Dumbbell
dumbbell
Ketika Anda melakukan dumbbell flyes, jangan gerakan bahu secara berlebihan. Hanya biarkan berat beban menarik lengan Anda ke belakang. Dengan dumbbell, gravitasi akan menarik lengan Anda lurus ke bawah, sangat berbeda ketika Anda menggunakan fly dengan kabel. Jadi, Anda lebih bekerja keras untuk mengendalikan beban berat sepanjang waktu. Pastikan ada berbaring lurus dan berada di tengah bangku. Sehingga, ketika Anda menurunkan beban, maka hal tersebut akan fokus mempengaruhi dada Anda. Sehingga, latihan dada Anda akan berdampak secara maksimal.

Machine Flyes

Manfaat utama ketika menggunakan machine Flyes adalah, bahwa Anda tak perlu khawatir menjaga lingkungan siku. Hal ini dikarenakan, siku sudah terkunci di tempatnya. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengunci siku pada tempatnya. Terdapat dua jenis latihan fly dengan mesin. Pertama, bahu, siku, dan tangan berapa pada bidang horizontal yang sama. Sedangkan mesin lainnya, posisi siku sedikit menekuk hingga 90 derajat, dan lengan tegak lurus ke lantai. Keduanya akan meningkatkan jangkauan gerak siku Anda, tanpa harus khawatir siku berada pada posisi yang salah.

CaptureaTabel Latihan

Anda dapat mencoba latihan-latihan pada tabel untuk menyempurnakan bentuk dada Anda. Tetap semangat dan semoga dada Anda semakin bidang. (gie)

BACA JUGA: Kardio dengan Cara Ilmiah Ini Dapat Bakar lemak Lebih Cepat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes