Superset Training: Latihan Super Untuk Otot Anda

Ketika mendengar istilah superset training, mungkin yang Anda bayangkan adalah jenis latihan yang luar biasa beratnya. Memang tidak semua orang memahami apa yang dimaksud dengan latihan superset itu, sehingga hanya dengan mendengar namanya saja, orang jadi enggan untuk berlatih. Untuk itu, agar lebih akrab dengan istilah superset, mari kita kupas secara lengkap tentang apa itu latihan superset.


Superset adalah teknik latihan yang mengkombinasikan dua jenis latihan dan melakukan latihan ini berurutan tanpa ada jeda di antara kedua latihan. Latihan ini sangat efektif untuk pembentukan otot. Jika pada latihan straight set atau latihan yang biasa, Anda melakukan beberapa set untuk satu latihan yang sama, maka super set ini memungkinkan otot Anda melakukan variasi latihan di mana setelah melakukan satu set latihan A, Anda akan berlanjut ke satu set latihan B tanpa jeda istirahat.

Sebagai contoh, misalnya anda melakukan bench press sebanyak 10 repetisi kemudian dilanjutkan dengan latihan cable rows sebanyak 10 repetisi, baru kemudian anda istirahat. Jika anda masih baru dalam latihan, anda dapat memulai dengan mengkombinasikan latihan dua otot yang berlawanan seperti otot bisep dan trisep, otot punggung dan dada, otot paha depan dan paha belakang, bahu dan betis, atau bahkan bahu dan perut.
Dapatkan Massa Otot Bebas Lemak Anda Di Sini!
Ada 3 keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan metode latihan superset, yaitu:

  1. Menghemat Waktu
    Keuntungan yang paling terlihat dari melakukan superset adalah anda dapat menghemat waktu anda. Bahkan jika anda benar-benar menikmati latihan, superset akan memberikan hasil yang sama atau bahkan lebih baik dalam waktu lebih singkat.
  2. Efektif Untuk Meningkatkan Intensitas Latihan
    Superset adalah metode yang baik untuk menambah intensitas latihan. Memperpendek istirahat antar set merupakan letak dari intensitas latihannya, terutama ketika anda terbiasa dengan waktu istirahat yang lama. Prinsipnya adalah melakukan lebih banyak latihan dalam waktu yang lebih singkat sama dengan lebih banyak kekuatan yang digunakan, lebih banyak kekuatan sama dengan lebih banyak otot yang dapat anda bentuk.
  3. Meningkatkan Produksi Asam Laktat
    Meningkatnya produksi asam laktat dalam tubuh berperan besar dalam merangsang hormon pertumbuhan. Ketika hormon pertumbuhan Anda meningkat, tubuh akan berada dalam kondisi anabolik atau pembentukan otot, yang berarti Anda akan mendapatkan pertumbuhan otot lebih maksimal dalam waktu yang lebih singkat. Dengan semakin banyak otot yang tumbuh, berarti semakin banyak pula kalori yang terbakar, sehingga berat badan Anda akan tetap terjaga.

Nah, mulai sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk mencoba latihan superset. Dengan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari metode latihan ini, Anda bisa menjadikan metode ini sebagai variasi latihan yang baik untuk mencegah kebosanan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes