instinct workout latihan dengan insting

Teknik Saja tak Cukup, Latihan Juga Butuh Insting

Keberhasilan Anda dalam mencapai pertumbuhan otot optimal untuk membentuk tubuh ideal adalah tentang bagaimana Anda mampu bereksperimen dalam menjalankan program latihan, hingga pada akhirnya Anda menemukan program latihan yang pas buat diri Anda.

instinct workout latihan dengan insting

Mantan Mr. Universe, Bill Pearl, dan mantan Mr. Olympia, Frank Zane, adalah dua dari sekian banyak atlet binaraga dunia yang mencoba berbagai eksperimen latihan hingga menemukan menu yang pas bagi kondisi tubuh mereka. Kemampuan dalam bereksperimen inilah yang kemudian membawa mereka pada kemampuan fisik optimal, bentuk otot yang prima dan prestasi yang membanggakan.

Pada dasarnya semua latihan yang Anda lakukan adalah tentang bagaimana Anda merasakan dampak dari latihan tersebut. Apabila Anda bisa mendapatkan keharmonisan antara latihan dan kondisi tubuh, maka semangat untuk tetap latihan pun akan tetap ada. Dan ketika Anda mulai mendapatkan manfaat yang lebih banyak maka hambatan kecil tidak akan menjadi masalah buat Anda. Inilah yang disebut dengan latihan menggunakan insting.

Andi pasti sudah memahami bahwa otot yang dilatih terus menerus dengan gerakan dan beban yang sama tidak akan berkembang seperti yang diharapakan, karena otot telah beradaptasi dengan latihan tersebut. Di saat inilah Anda perlu mengubah atau menambah intensitas latihan.

Semakin banyak variasi latihan yang dimiliki maka semakin merata pula sel-sel otot yang ikut terlatih. Serat pada otot akan terbentuk apabila alpha motor neuron (bagian yang bertanggung jawab terhadap kinerja otot) berfungsi optimal.

Kekuatan kontraksi otot itu sendiri didasari pada seberapa cepat neuron memasok “muscle fire” sehingga jumlah serat otot terlihat makin jelas. Ketika anda melatih otot tertentu dengan teknik yang sama dalam waktu lama dan Anda merasa tidak mendapatkan perkembangan berarti, maka insting Anda akan mengatakan bahwa inilah saat yang tepat untuk mengubah dan meningkatkan intensitas latihan.

Bila ternyata otot Anda cocok menggunakan metode latihan dengan teknik yang lebih intens maka jangan melawannya. Ikuti saja insting Anda.

Contoh lain bagaimana tubuh mengajak Anda berkomunikasi adalah, ketika Anda merasa sangat lelah dan mulai muncul gejala sakit flu seperti sakit kepala, tenggorokan sakit, dan bersin-bersin. Ini artinya tubuh Anda sedang membutuhkan banyak istirahat sekaligus memberitahu Anda bahwa ia sedang tidak dalam kondisi yang fit untuk beraktivitas.

Konsep tersebut tidak jauh berbeda jika Anda menerapkannya pada latihan. Ketika beban 5 kg tidak lagi ‘terasa’ bagi Anda. Ini adalah bentuk komunikasi dari otot Anda bahwa ia membutuhkan beban yang lebih berat agar bisa tumbuh lebih besar lagi.

Prinsip latihan secara naluri inilah yang mampu membaca apa yang paling dibutuhkan tubuh hingga ia dapat berfungsi lebih baik lagi, dan Anda bisa meraih target yang akurat baik dari segi intensitas latihan, jumlah set/repetisi, hingga berapa lama Anda latihan.

Anda pun harus lebih jeli dalam membaca sinyal yang diberikan tubuh. Misalnya ketika Anda berencana pergi ke gym, Anda mendapati tubuh Anda terasa lemas dan tidak berenergi. Jika ini yang terjadi sebaiknya kenali dulu penyebabnya, apakah kemarin Anda melakukan latihan berlebihan atau malam harinya kurang tidur atau bahkan meninggalkan waktu makan karena kesibukan yang terallu tinggi sehingga tubuh Anda kekurangan nutrisi.

Sinyal-sinyal seperti ini harus Anda perhatikan lebih seksama sehingga Anda tidak memaksa tubuh untuk tetap latihan dan membuatnya lebih stres lagi sehingga Anda pun jatuh sakit.

Perhatikan pula bagaimana perubahan set dan repetisi dapat mempengaruhi tingkat energi dan mood Anda. Kalau perlu catatlah setiap perubahan latihan yang Anda lakukan secara seksama untuk mengetahui bahwa tubuh Anda benar-benar sedang berkomunikasi dengan Anda melalui insting dan Anda harus menjawabnya dengan tepat.

So, train with your instinct . (dan)

BACA JUGA : Siapa Bilang Latihan Fitness Cuma Buat Orang Berduit?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes