fitnes pemula

Tingkatkan Kekuatan dan Tenaga dengan Anaerobic Exercise

Anaerobic exercise adalah latihan yang sangat intens dalam waktu singkat untuk memicu anaerobic metabolism (fermentasi asam laktat dalam otot). Latihan ini dilakukan oleh para atlet olahraga non-endurance (yang tidak membutuhkan ketahanan) untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan dan tenaga seperti misalnya oleh para atlet binaraga untuk membangun massa otot mereka, atlet angkat besi, atlet gulat, dan masih banyak lagi. Jika dilakukan dengan benar, anaerobic exercise dapat memberi hasil yang maksimal dalam waktu yang singkat.


Biasanya anaerobic exercise dilakukan dengan performa tubuh yang besar, berintensitas tinggi namun berdurasi singkat. Lalu dilanjutkan dengan gerakan active recovery (pemulihan) berintensitas rendah dalam durasi singkat pula. Anaerobic exercise umumnya dilakukan antara beberapa detik sampai sekitar 2 menit saja karena jika lebih dari itu akan memunculkan komponen metabolis aerobik yang besar. Latihan angkat berat atau beban (weightlifting) juga termasuk anaerobic exercise. Intinya anaerobic exercise dilakukan untuk meningkatkan kekuatan (strength) dan tenaga (power).

Manfaat Anaerobic Exercise

  • Membangun massa otot
  • Membentuk tubuh ideal
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kekuatan, tenaga, dan stamina
  • Memperbaiki tekanan darah menjadi normal

Tingkatkan Kekuatan Dan Daya Tahan Otot Anda Secara Signifikan, Di Sini!
Pentingnya Asupan Air
Asupan air yang cukup sangat penting dalam anaerobic exercise untuk mencegah keletihan dan dehidrasi. Asupan air yang cukup juga penting untuk meningkatkan performa, menjaga energi dan menjaga berat tubuh saat melakukan latihan berintensitas tinggi. American Council of Sports Medicine merekomendasikan para atlet yang akan melakukan anaerobic exercise agar minum 420-660 ml air pada dua jam sebelum latihan, lalu minum 180-360 ml air setiap 15-20 menit sekali selama latihan, dan minum 480-720 ml air segera sesudah latihan.

Jenis Anaerobic Exercise
Sebenarnya anaerobic exercise bukan hanya latihan angkat beban saja. Anda bisa menerapkan latihan lain seperti misalnya lompat tali, crunch, push-up, squat, naik turun tangga, panjat dinding, dan lari sprint atau bersepeda sprint dalam waktu tidak lebih dari 2 menit. Seiring waktu, tingkatkan aktivitas anaerobic Anda dengan menambahkan latihan lain. Konsultasikan dengan personal trainer jika ingin menambah jenis anaerobic exercise lain.

Berlatihlah Dengan Aman
Karena sifatnya yang berintensitas tinggi dalam waktu singkat dengan penggunaan performa kekuatan dan tenaga yang besar, berhati-hatilah saat menerapkan anaerobic exercise apapun. Gunakan jasa personal trainer atau mintalah petunjuk dari instruktur gym tempat latihan Anda sebelum melakukan anaerobic exercise. Untuk alat-alat latihan berat wajib ditemani partner yang bertugas sebagai spotter.

Jangan Salah Kaprah
Anaerobic exercise bukan satu-satunya bentuk latihan yang mampu meningkatkan performa fisik dan pembentukan tubuh ideal Anda. Jadi jangan lupa untuk tetap menerapkan jenis latihan yang lain seperti aerobic exercise untuk meningkatkan ketahanan atau stretching exercises untuk meningkatkan kelenturan tubuh Anda. Kesimpulannya, latihan kekuatan, latihan kardiovaskular, latihan kelenturan, dan diet yang seimbang adalah sama pentingnya dalam rangka mencapai tujuan fitnes apapun yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah Fox and Haskell Formula untuk memantau anaerobic exercise Anda:

Keterangan gambar “Fox and Haskell formula” :

  • Exercise zones : Zona tingkat latihan
  • Age : Tingkat umur
  • Beats per minute : Tingkat persentase denyut jantung per menit
  • Moderate activity (Maintenance / Warm up) : Aktivitas sedang (Maintenance / Pemanasan)
  • Weight control (Fitness / Fat burn) : Pengendalian berat badan (Fitnes / Pembakaran lemak)
  • Aerobic (Cardio training / Endurance) : Aerobik (Latihan kardio / Ketahanan)
  • Anaerobic (Hardcore training) : Anaerobik (Latihan hardcore)
  • VO2 Max (Maximum effort) : VO2 Max (Usaha maksimal)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes