kekuatan otot

Tingkatkan Kekuatan Otot dengan Latihan Deadlift

Latihan deadlift dianggap sebagai salah satu latihan terbaik untuk meningkatkan kekuatan otot. Bagaimana melakukan latihan ini dengan baik?

Fitnes mania, deadlift merupakan salah satu latihan compound, yaitu gerakan latihan yang melibatkan banyak kelompok otot dan sendi. Selain deadlift, jenis gerakan latihan ini antara lain squat, atau bench press.

Banyak sekali manfaat jika melakukan latihan compound dengan baik dan tepat. Seperti meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan koordinasi tubuh, membakar kalori, mencegah cedera, serta menjaga tubuh Anda tetap ideal.

Seperti halnya deadlift. Jika dilakukan dengan tepat maka manfaat tersebut bisa Anda dapatkan. Tapi jika dilakukan dengan kurang sempurna, bisa jadi risiko cedera juga akan tinggi.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mendapatkan teknik dan cara yang tepat saat melakukan deadlift. Berikut beberapa tips agar deadlift yang Anda lakukan berjalan dengan baik dan sempurna.

1. Sebelum Latihan Kekuatan Otot, Lakukan Pemanasan

kekuatan otot

Melakukan pemanasan (peregangan dinamis) sebelum mengangkat beban yang cukup berat berperan penting dalam menjaga performa dan mencegah cedera.

Karena latihan deadlift melibatkan banyak kelompok otot, maka penting bagi Anda untuk meregangkan banyak otot sebelum mengangkat beban. Lakukan peregangan dinamis (dynamic stretch) yang berbeda dan lakukan selama 8-12 detik untuk setiap otot.

>> Bangun Kekuatan Otot dengan Teknik Simpel Ini <<

Set Pemanasan

Setelah melakukan peregangan dinamis, Anda dapat melakukan set pemanasan. Tentunya, dengan beban yang lebih ringan dari yang akan Anda angkat.

Mulailah dengan beban separuh lebih ringan (50 persen) sebanyak 10-12 repetisi. Selama pemanasan ini, jangan melakukannya sampai failure karena akan dapat menguras energi Anda.

2. Tingkatkan Kekuatan Otot dengan Performa dan Grip yang Tepat

kekuatan otot

Masih banyak fitnes mania yang terlihat kurang tepat saat melakukan latihan deadlift. Padahal, jika dilakukan dengan tepat akan sangat membantu menambah kekuatan otot Anda.

Latihan deadlift memang cukup rumit jika dilakukan. Namun, secara perlahan Anda akan mengetahui bagaimana cara melakukannya dengan baik.

Anda dapat mencontoh gerakan deadlift melalui banyak video yang beredar di internet, atau juga belajar dengan baik pada personal trainer Anda.

Baca Juga: 4 Teknik Ini Bikin Kekuatan Otot Anda Berkembang Lebih Dahsyat

Berikut tips untuk meningkatkan performa deadlift Anda.

#Jaga Posisi Kaki
Ketika melakukan deadlift, pastikan untuk selalu menjaga posisi kaki Anda tetap menyentuh lantai. Ini dimaksudkan untuk tetap menjaga pondasi yang kuat. Karena itu, sebaiknya mulai deadlift jangan terlalu jauh dengan posisi kaki Anda.

#Grip yang ‘Menggigit’
Menjaga grip atau pegangan Anda tetap kuat adalah sangat penting untuk mendapatkan performa deadlift yang maksimal. Salah satu cara untuk mendapatkan daya cengkeraman yang tepat adalah dengan memberi kapur atau menggunakan Wrist Straps.

#Menggunakan Sabuk Angkat Beban

Mengenakan aksesoris ini akan menjaga punggung Anda selama melakukan deadlift. Selain dapat meningkatkan performa, sabuk angkat beban juga dapat memberikan efek psikologis pada Anda dan membuat Anda merasa lebih aman sehingga Anda lebih fokus latihannya.

Selain membantu tingkatkan kekuatan otot, mengenakan sabuk juga membantu mengangkat beban lebih berat dan lebih banyak repetisi. Ketika otot perut Anda kontraksi, kekuatan dalam otot perut Anda memberikan ilusi bahwa perut Anda lebih kuat. Gaya ini membantu menjaga punggung Anda tetap lurus dan membuat bar terasa lebih ringan.

3. Kekuatan Otot Lebih Powerfull dengan Latihan Lain

kekuatan otot

Percaya atau tidak, melakukan deadlift dengan terlalu banyak set bukanlah cara terbaik meningkatkan performa latihan deadlift Anda. Memang, latihan beberapa set akan bantu tingkatkan performa deadlift, tapi itu bukan alasan yang tepat untuk Anda melakukannya terlalu banyak.

Solusinya adalah dengan gerakan latihan lain yang mendukung deadlift Anda. Seperti bent over rows, one-arm rows, cable rows, lat pull down, atau pull up.

4. Suplemen untuk Bantu Tingkatkan Kekuatan Otot

kekuatan otot

Apakah Anda bisa bayangkan betapa sempurnanya latihan deadlift Anda jika dibarengi dengan suplemen, karena dapat bantu ledakan energi Anda.

Tidak hanya itu, suplementasi kafein akan bantu Anda berlatih lebih keras sehingga target bisa terpenuhi dengan cepat. Selain menambah energi, kafein bisa buat Anda lebih fokus serta menunda kelelahan.

Suplemen penambah energi yang tak kalah populer adalah creatine. Suplemen ini berfungsi untuk mengisis kembali adenosin trifosfat (ATP) dalam tubuh Anda. ATP ini merupakan molekul yang bertanggung jawab mengangkut energi ke otot Anda.

ATP menyediakan energi yang dibutuhkan untuk kontraksi otot sehingga beban dapat diangkat. Mendongkrak ATP melalui suplemen seperti Creatine Monohydrate akan menambah energi Anda. Pastinya, juga akan meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot Anda.

ENERGI OPTIMAL, LATIHAN JADI MAKSIMAL

  • Menambah Energi Tubuh Anda
  • Meningkatkan Ukuran Sel Otot
  • Memberi Tambahan Power dan Stamina
  • Meningkatkan Kontraksi Otot

Tingkatkan energi, stamina, dan ukuran sel otot Anda sekarang juga! BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes