bulking

Tingkatkan Pertumbuhan Otot dengan Kontraksi Eksentrik

Fitnes mania mungkin banyak yang melakukan latihan dengan mendorong atau mengangkat beban dengan cepat. Gerakan ini dinamakan kontraksi konsentrik. Lalu bagaimana dengan eksentrik?

kontraksi eksentrik

Cara ampuh untuk membentuk tubuh lebih berotot adalah berlatih dengan keras. Tapi apa dengan latihan keras saja sudah cukup? Bisa jadi belum. Karena itu, mengenal gerakan latihan terlebih dahulu akan sangat membantu program fitnes Anda.

Tiap-tiap fitnes mania yang datang ke pusat kebugaran (gym) pastinya memiliki alasan tersendiri. Ada yang ingin menurunkan berat badan, membentuk tubuh agar lebih seksi dan berotot, atau ingin memiliki kesehatan secara menyeluruh.

Banyak sekali gerakan atau teknik latihan yang dapat dilakukan oleh fitnes mania sesuai dengan tujuan atau goal fitnes masing-masing. Dan jika Anda ingin memiliki otot yang kuat, salah satu gerakan yang dapat Anda lakukan adalah kontraksi eksentrik.

Bentuk Kekuatan Otot dengan Latihan yang Jarang Dijumpai

Latihan eksentrik diperkenalkan pertama kali oleh Erling Asmussen pada tahun 1953. Istilah eksentrik ini tercipta karena kontraksi otot yang bergerak menjauh dari pusat otot. Kontraksi eksentrik, yang juga digambarkan dengan teknik latihan negatif adalah salah satu dari tiga tahap gerakan otot dan tendon. monster beats apple accessories Dua gerakan lainnya adalah kontraksi konsentrik dan kontraksi isometrik. [Baca Juga: Bangun Kekuatan Otot dengan Teknik Isometrik]

kontraksi eksentrik

Ketika berada di gym, sering kita jumpai fitnes mania yang melakukan gerakan mendorong atau mengangkat beban dengan cepat. Nah, gerakan seperti ini disebut dengan kontraksi konsentrik. Sementara itu, masih jarang ditemui fitnes mania yang melakukan gerakan eksentrik. Yaitu gerakan menurunkan beban dalam tempo atau kecepatan tertentu. Gerakan ini sendiri adalah gerakan dimana otot akan berkontraksi memanjang.

Gerakan latihan eksentrik berfokus pada memperlambat proses pemanjangan otot untuk menantang otot agar menjadi lebih kuat, memperbaiki otot lebih cepat, serta meningkatkan metabolisme. Gerakan latihan ini sangat cocok dilakukan baik atlet atau orang yang mengalami cedera tertentu. Contoh gerakan yang dapat Anda lakukan dengan kontraksi eksentrik seperti bench press atau bicep curl.

Otot Semakin Kuat Hingga Menurunkan Risiko Cedera

Memang, gerakan eksentrik masih kalah populer dengan konsentrik. nfl jerseys ranked custom 2 Meski begitu, banyak manfaat yang juga ditawarkan gerakan eksentrik ini, termasuk menurunkan risiko cedera.

kontraksi eksentrik

#Bentuk Otot Lebih Kuat

Melakukan latihan eksentrik dapat meningkatkan pertumbuhan otot. Dan jika rutin melakukan (meski tidak disarankan untuk selalu melakukan latihan ini) maka otot Anda pun akan semakin besar dan kuat.

>> Raih Otot dan Kekuatan Super dengan Bodyweight Superset! <<

#Merusak Otot Lebih Banyak

Itulah kenapa banyak binaragawan yang melakukan gerakan eksentrik dengan harapan otot akan melakukan perbaikan yang lebih baik. Jika memang ingin melakukan gerakan latihan ini dengan beban yang berat, maka sebaiknya Anda perlu didampingi trainer atau teman fitnes Anda.

#Kuatkan Jaringan Ikat

Semakin kuat jaringan ikat Anda (ligamen dan tendon), maka potensi cedera juga akan semakin menurun. Karena pantulan tidak terlalu cepat maka gerakan eksentrik ini akan dapat meningkatkan elastisitas ligamen dan struktur sendi akan semakin kuat.

#Tidak Boros Energi

Sebagian besar energi digunakan ketika mendorong atau mengangkat beban. Ketika melakukan latihan eksentrik, Anda dapat menghemat energi Anda meski dengan beban cukup berat. Meski lebih sedikit energi yang digunakan, gerakan eksentrik juga dapat meningkatkan kekuatan yang tak kalah dengan gerakan konsentrik.

#Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Latihan ini dapat meningkatkan pertumbuhan serat otot, monster beats audio adidas yang tentunya dapat menambah panjang otot dengan meningkatkan sarkomer dalam otot. Selain dapat menambah kekuatan otot, latihan eksentrik akan dapat meningkatkan fleksibilitas Anda.

#Mempercepat Proses Daya Pulih Tubuh

Setelah melakukan latihan beban, tak jarang fitnes mania mengalami nyeri otot. Ya, hal ini merupakan hal yang wajar dalam latihan beban atau yang disebut delayed onset muscle soreness (DOMS). Dengan rutin melakukan gerakan eksentrik akan dapat merangsang otot untuk meningkatkan kekuatan dan juga mempercepat pemulihan tubuh.

Note: Dengan pola makan kaya protein dan istirahat yang cukup, serta diimbangi dengan suplementasi yang tepat maka daya pulih tubuh akan lebih cepat >> Amino 2000 dari Ultimate Nutrition

Selain melakukan latihan rutin dengan keras, pertumbuhan otot akan semakin maksimal apabila dibarengi dengan teknik latihan yang tepat. Bukan hanya itu, perhatikan juga pola makan dan waktu istirahat untuk mendukung program latihan yang Anda lakukan. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: Bentuk Dada Lebih Bidang dengan Teknik Rest-Pause

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes