latihan treadmill

Tips Agar Treadmill Tidak Berbahaya bagi Anda

Latihan kardio kerap dipilih sebagai cara jitu untuk menurunkan berat badan. Salah satu latihan tersebut adalah dengan menggunakan mesin treadmill. Bagaimana cara menggunakan treadmill agar aman dan maksimal untuk Anda?

latihan treadmill

Pada awal Mei 2015 lalu, CEO SurveyMonkey, Dave Goldberg ditemukan tewas setelah berolahraga di sebuah gym hotel di Meksiko. Seperti laporan The New York Times, suami dari COO Facebook Sheryl Sandberg tersebut tewas setelah sempat jatuh dari treadmill dan kepalanya terbentur benda keras. Lambat tertolong karena mengalami pendarahan dan trauma kepala, Goldberg akhirnya tewas di rumah sakit.

Meski begitu, treadmill bukanlah olahraga atau latihan yang selalu berbahaya. Kejadian tersebut merupakan penginggat bahwa latihan di atas treadmill juga dapat menimbulkan risiko jika dilakukan tidak berhati-hati. Baca juga: Lari di Atas Treadmill Kurangi Risiko Cedera

Treadmill efektif menurunkan berat badan

latihan treadmill

Bagi mereka yang berniat melakukan program fat loss atau menurunkan berat badan pastilah akrab dengan latihan kardio. Latihan ini merupakan langkah efektif untuk memangkas lemak dalam tubuh dan membuat perut terlihat lebih langsing. Beberapa orang memilih latihan atau olahraga di gym karena jadwal yang sibuk. Dan salah satu latihan kardio yang paling sering dilakukan di gym adalah dengan melakukannya di atas mesin treadmill.

>> 6 Strategi untuk Cegah Kebosanan Saat Latihan Treadmill <<

Jatuh dari treadmill

latihan treadmill

Jatuh dari treadmill merupakan kondisi yang seperti dialami Goldberg. Dan jatuh dari atas mesin treadmill bisa dipicu beberapa penyebab, salah satu yang utama adalah serangan jantung. Berikut ini beberapa tips agar treadmill yang Anda lakukan aman dan bermanfaat maksimal bagi Anda.

1. Periksa dulu kondisi kesehatan Anda

Prioritas utama Anda sebelum pergi ke gym adalah memastikan bahwa kondisi kesehatan tubuh baik. Beberapa penyebab mengapa seseorang jatuh ketika melakukan treadmill adalah karena peristiwa vaskuler, seperti serangan jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, sebaiknya segera menerapkan pola hidup sehat seperti latihan rutin dan pola makan sehat, serta tambahkan suplemen Omega 3 dari Ultimate Nutrition untuk melindungi kesehatan jantung Anda.

Yang pasti, sebelum melakukan olahraga sebaiknya periksa kondisi kesehatan dan pastikan bahwa semua baik-baik saja.

2. Waspadai gejala aneh

Apabila Anda tengah melakukan latihan di atas treadmill dan merasakan nyeri di dada, sesak napas, atau pusing, Anda sebaiknya segera turun dari treadmill. Mengapa? Meski terasa pusing seperti biasa, hal itu bisa jadi tanda bahwa pasokan darah di otak Anda kurang, dan ini merupakan salah satu faktor sebelum pingsan.

3. Safety tab ada karena suatu alasan

Hampir di setiap mesin treadmill ada pegangan. Nah, pegangan tersebut mungkin mengganggu, tapi gunakanlah pegangan tersebut dalam kondisi darurat atau yang masih baru dalam menggunakan treadmill. Banyak yang tidak menggunakan safety tab ini karena kikuk dan terkesan mengganggu, namun pegangan diciptakan karena suatu alasan yaitu keamanan. Pegangan ini dapat membuat Anda terhindar dari jatuh.

Anda juga bisa membaca artikel-artikel kami lain tentang treadmill, seperti:

4. Usahakan selalu dekat dengan bantuan

Dalam laporan tersebut, Goldberg belum bisa ditemukan keberadaannya hingga pukul tujuh malam meski berangkat ke gym jam 4 sore. Meskipun melakukan treadmill di gym cukup aman, namun usahakan selalu dekat dengan orang lain di sekitar Anda. Mengapa? Karena dengan seorang teman atau staff maka akan dapat segera melihat kondisi Anda jika suatu hal buruk terjadi.

Karena itu, lakukan treadmill secara bijak agar latihan Anda berjalan aman dan maksimal. Jangan lupa, selalu lakukan pemanasan setiap kali sebelum memulai latihan. Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Otot Dada Lebih Maksimal dengan Variasi Bench Press

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes