Tips Bagi Anda yang Berlatih di Pagi Hari

Tips-Bagi-Anda-yang-Berlatih-di-Pagi-Hari

Memulai hari dengan olahraga bisa membuat Anda lebih fresh dan akan mengisi hari Anda dengan energi penuh.

Tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar hasil latihan Anda bisa lebih optimal dan tubuh Anda menjadi lebih fit.

  • Tidur Cukup
    Performa latihan Anda akan jauh lebih baik jika Anda telah beristirahat dengan cukup dan tidur dengan nyenyak di malam hari. Mengantuk akan menurunkan performa dan hasil latihan Anda di pagi harinya. Sebuah studi yang dipublikasikan di Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan adanya pengaruh signifikan dari tidur terhadap performa atletik. Penelitian ini menyatakan bahwa gangguan pada tidur yang membuat tidur tidak nyenyak dapat menurunkan performa atletik seseorang. Jadi, jika Anda memiliki jadwal latihan pagi, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas di malam harinya untuk mengoptimalkan latihan Anda.
  • Cukup Minum
    Sangat penting bagi Anda untuk terhidrasi secara baik selama berlatih. Dehidrasi dapat menyebabkan kram otot dan menurunkan detak jantung karena rendahnya volume darah. Saat bangun tidur, tubuh Anda berada dalam kondisi dehidrasi setelah sekitar 8 jam tidak menerima asupan air sama sekali. Jadi, mulailah hari Anda dengan minum 1 atau 2 gelas air, untuk menyiapkan tubuh Anda untuk berlatih.
  • Buat Latihan yang Terencana dengan Baik
    Cobalah untuk mengatur semua detil dari latihan Anda pada malam sebelumnya. Putuskan apakah memang Anda akan berlatih esok hari ataukah Anda masih memerlukan waktu untuk memulihkan diri setelah sesi latihan sebelumnya. Buat juga rencana latihan dengan baik, misalnya latihan apa yang akan Anda lakukan esok hari. Ini akan membuat Anda merasa lebih siap untuk berlatih.
  • Jangan Lewatkan Sarapan
    Tubuh Anda memerlukan bahan bakar untuk berlatih. Pastikan Anda makan sarapan dengan menu sehat dan padat gizi, yang akan menyuplai tubuh Anda dengan energi yang cukup untuk melakukan latihan dengan optimal. Gula darah Anda berada dalam level yang rendah pada pagi hari, yang dapat menyebabkan Anda pusing dan cepat lelah jika Anda melakukan latihan beban tanpa sarapan terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda harus makan sesuatu, terutama berisi karbohdirat kompleks dan protein, satu jam sebelum berlatih untuk mengoptimalkan level gula darah Anda.
  • Bangun Lebih Pagi
    Jika Anda menyempatkan diri untuk berlatih sebelum berangkat ke kantor, sekolah, ataupun melakukan aktivitas lain apapun, maka pastikan Anda bangun cukup pagi untuk bersiap diri. Anda tentu tak ingin tergesa-gesa sebelum berangkat ke gym ataupun latihan dengan terburu-buru karena Anda takut terlambat. Ini justru bisa membuat Anda berisiko tinggi untuk mengalami cedera.

Nah, sekarang Anda siap untuk mengawali hari Anda dengan latihan serius untuk mencapai tujuan latihan Anda. Selamat berlatih!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes