Tips Memilih dan Menggunakan Bola Latihan

Tips memilih dan menggunakan bola latihan

Trend latihan dalam dunia fitness terkadang mengalami pasang surut. Salah satu trend tersebut adalah fokus latihan pada kekuatan inti tubuh dan latihan lain untuk memperkuat batang tubuh. Tujuannya supaya latihan menjadi lebih baik dan mengurangi risiko cedera. Salah satu alat terbaik untuk melatih kekuatan inti tubuh adalah berlatih menggunakan bola latihan. Bola latihan akan membantu Anda memperkuat otot perut dan punggung sekaligus meningkatkan stabilitas.

Jika Anda tertarik latihan menggunakan bola latihan, berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih bola latihan dan cara menggunakannya, yaitu:

Tips Memilih Bola Latihan
Sebelum Anda membeli atau menggunakan bola latihan, pastikan ukurannya tepat dan sesuai dengan tinggi badan Anda. Lakukan percobaan dengan duduk di bola latihan dan pastikan pinggul Anda setingkat atau sedikit lebih tinggi dari lutut:

  • 55 cm untuk tinggi badan 150cm – 163cm.
  • 65 cm untuk tinggi badan 165cm – 180cm.
  • 75 cm untuk tinggi badan 183cm – 200cm.

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, jangkan khawatir, cobalah membeli bola yang dapat menahan berat hingga lebih dari 200 kg.

Tips Menggunakan Bola Latihan
Tantangan saat melakukan latihan dengan bola latihan adalah meletakkan tubuh Anda di atas bola yang kondisinya tidak stabil. Ketika berbaring di bola, kaki, dan abs Anda akan berkontraksi untuk mencegah tubuh terjatuh. Bola latihan cukup fleksibel untuk dikombinasikan dalam beberapa jenis latihan, seperti:

  • Latihan beban. Gunakan bola stabilitas sebagai cara baru melakukan ‘weight bench’ untuk meningkatkan kesulitan gerakan dan menggerakkan otot-otot bokong, kaki dan abs Anda.
  • Pelatihan abdominal. Lakukan sit-up, twist dan latihan abdominal lainnya di atas bola akan meningkatkan kesulitan gerakan sekaligus menggerakkan lebih banyak otot.
  • Duduk di atas bola. Duduk di atas bola latihan merupakan satu tantangan tersendiri dan juga merupakan cara terbaik memperbaiki postur tubuh Anda. Caranya: Duduk di atas bola, angkat satu kaki dari tanah, kemudian coba Seimbangkan diri.
  • Latihan fleksibilitas, yoga, dan pilates. Bola sangat bagus untuk membantu peregangan. Cobalah untuk mengkombinasikan latihan yoga dan pilates dengan latihan bola.

Untuk mendapatkan panduan latihan yang lebih jelas tentang cara latihan menggunakan bola latihan, Anda bisa melihatnya lebih lanjut di workout guide situs ini dalam sub judul ball training. Selamat berlatih dan semoga bermanfaat!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes