tips mengecilkan perut

Tips Mengecilkan Perut dengan Metode Latihan Ini!

Banyak sekali tips mengecilkan perut yang efektif. Salah satunya adalah dengan melakukan latihan HIIT. Seperti apa latihan ini?

Memiliki bentuk tubuh yang seksi, kencang, dan berotot adalah idaman bagi banyak fitnes mania. Bahkan juga termasuk Anda.

Karena dengan tubuh yang ideal, selain dapat menjaga kesehatan tubuh juga bantu menambah kepercayaan diri Anda.

Pada artikel-artikel sebelumnya dikatakan bahwa sebaiknya ketahui tipe tubuh Anda. Apakah ectomorph, endomorph, atau mesomorph. Setelah itu, langkah yang harus Anda lakukan adalah menentukan goal fitnes Anda.

DIET DAN OLAHRAGA, TIPS MENGECILKAN PERUT PALING UTAMA

tips mengecilkan perut

Diet dan Olahraga.

Dua hal ini tidak akan Anda kesampingkan apabila Anda memang ingin miliki bentuk tubuh ideal dan seksi.

Ya, mengatur pola makan (diet) dan olahraga atau latihan merupakan dua langkah penting yang harus dilakukan apabila Anda berniat membentuk tubuh.

  • Makan Tinggi Protein dan Karbohidrat Kompleks

tips mengecilkan perut

Salah satu cara untuk menurunkan atau menjaga kadar lemak dalam tubuh Anda adalah dengan melakukan diet. Memantau setiap kalori yang masuk dalam tubuh akan membantu program fatloss maupun body shaping Anda.

Terlalu banyak, mungkin juga Anda, mengonsumsi karbohidrat dan lemak lebih banyak ketika menambah jumlah aktivitas harian.

Tentu ini kurang tepat. Apabila Anda ingin mempertegas bentuk otot agar tubuh lebih kencang maka Anda harus makan dengan lebih cerdas. Salah satu contohnya adalah fokus pada protein dan sayur-sayuran, serta sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

  • Tak Perlu Menyiksa dengan Berlapar-lapar

Karena ingin menurunkan berat badan, maka logika yang digunakan mungkin adalah dengan mengurangi makan. Ini adalah KELIRU.

Justru dengan makan yang lebih sedikit akan memberitahu tubuh Anda untuk menyimpan lemak karena tubuh khawatir akan diasupi sedikit nutrisi.

Solusinya adalah dengan makan lebih sering 5-6 kali namun dalam porsi yang lebih kecil. Ini bertujuan agar metabolisme tubuh Anda tetap lancar.

  • Hanya Latihan yang Menargetkan Otot Perut

tips mengecilkan perut

Karena tujuan utamanya adalah mencari tips mengecilkan perut, maka yang dipilih hanya latihan perut seperti sit up setiap hari. Ini juga sebaiknya dihindari.

Lemak pada perut, seperti halnya lemak pada tubuh yang lain, tidak dapat dihilangkan di bagian itu saja. Dengan hanya melatih otot perut atau latihan yang menargetkan otot tertentu saja tidak akan efektif untuk membakar lemak.

Solusinya adalah lemak dalam tubuh Anda perlu dihilangkan dengan kombinasi diet dan latihan. Yang mana latihan tersebut sebaiknya menargetkan semua area tubuh Anda di mana lemak tubuh tersimpan.

  • Dengan Latihan Interval

tips mengecilkan perut

Begitu juga dengan olahraga atau latihan. Pada saat latihan inilah semua kalori yang masuk dalam tubuh Anda akan dibakar. Metode sederhananya, jika ingin turunkan berat badan maka harus DEFISIT KALORI.

Pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah latihan apa yang sesuai dengan goal fitnes Anda?

Tentunya, banyak sekali jenis latihan sebagai salah satu tips mengecilkan perut. Yang direkomendasikan adalah dengan latihan beban dan juga latihan kardio.

Baik latihan beban maupun kardio sebenarnya tidak harus Anda lakukan di gym. Anda bisa melakukannya di rumah dengan bermodalkan dumbbell atau dengan cara bodyweight training (menggunakan berat tubuh sebagai beban) seperti sit up, push up, squat, dan lain-lain.

Lalu metode latihan seperti apa yang bisa Anda lakukan? Salah satu caranya adalah dengan latihan HIIT atau High Intensity Interval Training.

TIPS MENGECILKAN PERUT & MEMPERTEGAS BENTUK OTOT, HIIT

tips mengecilkan perut

Telah banyak penelitian yang mengatakan bahwa latihan ini efektif untuk membakar lemak sekaligus tidak memakan banyak waktu.

Apa itu latihan HIIT?

HIIT merupakan program latihan yang melakukan gerakan latihan dengan intens secara bergantian dalam interval istirahat atau pemulihan yang singkat.

Metode latihan ini memaksa tubuh Anda menggunakan gula dan lemak lebih cepat daripada olahraga dengan intensitas rendah.

Ada beberapa program HIIT yang populer:

  • The Beach Body Workout

Program HIIT dua belas minggu ini hanya membutuhkan 21 menit, tiga hari seminggu, serta dirancang membentuk tubuh plus membakar lemak.
Program ini menargetkan area spesifik seperti lengan dan perut. Juga menggabungkan latihan kardio dan peregangan. Jika dilakukan dengan tepat maka dalam waktu satu minggu otot tubuh Anda akan terlihat ramping dan menjadi lebih kuat.

  • The 25 Minute Sprint Fartlek Workout

Dalam bahasa Swedia ini berarti permainan cepat.

Jenis program HIIT ini mengkombinasikan latihan secara kontinyu dengan interval yang lebih singkat.

Agar latihan terasa spontan dan menarik, Anda diharuskan tetap mengontrol intensitas dan juga kecepatan setiap intervalnya.

Program ini fokus pada latihan kardio seperti berjalan, lari, kemudian sprint dalam waktu tertentu.

  • The Countdown Jump Rope Workout

Sesuai namanya, pada program ini Anda hanya memerlukan penanda waktu dan juga tali untuk melompat.

Mulai dengan lompat selama dua menit, kemudian istirahat dua menit, dan meloncat lagi selama 1,5 menit.

Selanjutnya istirahat selama 1,5 menit kemudian meloncat lagi selama satu menit dan istirahat satu menit. Selesaikan lompat tali selama 30 detik.

TIPS MENGECILKAN PERUT DENGAN MANFAAT HIIT

tips mengecilkan perut

Alasan pekerjaan kadang membuat Anda sulit membagi waktu dengan latihan.

Itulah salah satu manfaat dari HIIT.

Ya, latihan ini pastinya sangat tepat bagi Anda yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga lupa untuk nge-gym.

Bahkan, dengan HIIT Anda dapat menikmati manfaatnya lebih dari latihan kardio lain seperti bersepeda atau lari.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dengan melakukan HIIT secara tepat.

  • Meningkatkan VO2 Max

tips mengecilkan perut

Latihan kardio memang bermanfaat untuk membantu meningkatkan volume dan durasi latihan. Namun, hal itu bukan berarti harus dengan berlari yang jauh, bersepeda hingga berkilo-kilometer, atau terlalu lama jogging di atas treadmill.

Latihan kardio dianggap sangat baik untuk meningkatkan VO2 max atau konsumsi oksigen secara maksimal.

Dengan kata lain, VO2 max yang tinggi berarti tubuh Anda lebih efisien dalam memberikan oksigen pada otot.

Tentunya, ini bisa berdampak pada produksi energi yang lebih banyak sehingga latihan menjadi optimal.

  • Membakar Lemak dan Kalori Lebih Banyak dalam Waktu Singkat

tips mengecilkan perut

Steady State Cardio (SSC) atau kardio statis memang dapat membantu pembakaran lemak tubuh. Namun, pembakaran lemak akan jauh lebih besar pada intensitas yang tinggi. Dan itu HIIT.

Para peneliti dari McMaster University menemukan bahwa hanya butuh 10 menit HIIT untuk membakar jumlah kalori yang sama dibandingkan 50 menit dari kardio statis.

Pastinya ini merupakan tips mengecilkan perut yang ampuh bagi Anda.

Selain itu, HIIT juga berpotensi pada excess post-exercise oxygen consumption (EPOC). Setelah sesi latihan, tingkat konsumsi oksigen juga perlu diperhatikan untuk mengatur kembali metabolisme tubuh pasca latihan. Untuk mendapatkannya dibutuhkan pembakaran kalori yang lebih banyak.

HIIT dapat meningkatkan EPOC Anda dibandingkan latihan kardio biasanya, yang memungkinkan Anda untuk membakar kalori lebih banyak setelah latihan.

Juga, HIIT berpotensi untuk meningkatkan oksidasi lemak, yang merupakan kemampuan tubuh memecah dan memanfaatkan lemak sebagai sumber energi.

Penelitian dari Kanada yang diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism (2008), melakukan HIIT secara rutin dalam 6 minggu dapat menambah tingkat oksidasi lemak serta penurunan ketergantungan pada karbohidrat selama latihan.

  • Menjaga Kesehatan Tubuh Keseluruhan

Kata-kata intensitas tinggi mungkin membuat Anda sedikit goyah ketika ingin melakukannya.

Tapi jangan salah, latihan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Termasuk pada Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes tipe 2 atau penyakit jantung.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Diabetes Care (2013) menyebutkan bahwa melakukan HIIT selama 12 minggu dapat menjaga kadar glikemik, massa tubuh, dan lemak di perut pada pasien diabetes tipe 2.

Sementara penelitian dari University of South Wales di Sydney, Australia, HIIT selama 12 minggu dapat mengontrol tekanan darah, denyut jantung, dan pembekuan pembuluh arteri.

Penelitian lain juga menyebutkan jika melakukan HIIT selama 10 minggu dapat menjaga kadar kolesterol tubuh Anda.

Super sekali bukan manfaat HIIT ini?

  • Mengatasi Kelelahan

tips mengecilkan perut

Selain sebagai tips mengecilkan perut, HIIT akan meningkatkan kinerja kardio Anda.

Atlet ketahanan sangat paham bahwa latihan intensitas tinggi sangat mereka butuhkan. Meski begitu, HIIT juga bisa berdampak pada angkat beban Anda.

Penumpukan inon hidrogen dapat menurunkan kadar pH tubuh Anda. Dampaknya tubuh Anda akan cepat lelah dan otot tidak mampu berkontraksi.

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Applied Physiology menemukan bahwa hanya denga melakukan 6 sesi HIIT dalam empat minggu dapat MENUNDA KELELAHAN dan menjaga performa latihan.

Pasti, ini akan menjadi stimulus yang baik untuk perkembangan otot tubuh Anda.

  • Lebih Menyenangkan

tips mengecilkan perut

Apakah Anda tidak bosan jika Anda hanya mengayuh di sepeda statis atau jogging di atas treadmill selama berjam-jam?

Di sisi lain, HIIT merupakan salah satu latihan yang menyenangkan. Dalam Journal of Sports Sciences disebutkan bahwa orang cenderung menikmati latihan yang lebih pendek namun intensitas tinggi. Dan itu ada pada HIIT.

Jika latihan dilakukan dengan ENJOY, maka Anda lebih mungkin untuk tetap konsisten pada program Anda dalam jangka waktu yang panjang.

CONTOH LATIHAN HIIT SEBAGAI TIPS MENGECILKAN PERUT

tips mengecilkan perut

Sebenarnya ada beberapa variasi gerakan latihan yang bisa Anda lakukan.

Tapi secara umum interval sebaiknya antara 20-90 detik. Semakin tinggi intensitasnya, semakin pendek durasinya.

Sebagai contoh Anda dapat menggunakan latihan lari sebagai bentuk latihan yang paling mudah. Lakukan latihan ini 2-3 kali seminggu.

Tahap I Minggu 1-2
Sprint : 15 detik
Jalan cepat : 60 detik
Ulangi dua langkah di atas selama 14 menit
Akhiri dengan sprint 15 detik

Tahap II Minggu 3-4
Sprint : 30 detik
Jalan cepat : 60 detik
Ulangi dua langkah di atas selama selama 17 menit
Akhiri dengan sprint 30 detik

Tahap III Minggu 5-6
Sprint : 30 detik
Jalan cepat : 30 detik
Ulangi dua langkah di atas selama 19 menit
Akhiri dengan sprint 30 detik

Tahap IV Minggu 7-8
Sprint : 30 detik
Jalan cepat : 15 detik
Ulangi dua langkah di atas selama 20 menit
Akhiri dengan sprint 30 detik.

Untuk menghindari cedera, sebaiknya lakukan pemanasan 2-5 menit sebelum latihan. Durasi pemanasan dan latihan HIIT harus terpisah, agar durasi latihan HIIT Anda sesuai dengan program yang tersusun.

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK MELAKUKAN HIIT?

tips mengecilkan perut

Meskipun terlihat lebih cepat dan efisien, namun HIIT adalah latihan yang menguras energi.

Namun, HIIT akan jauh membuat tubuh Anda stres dibanding ketika Anda melakukan kardio statis.

HIIT dapat dikatakan sebagai salah satu latihan ketahanan (endurance training). Tapi HIIT juga sering melibatkan serat otot seperti pada latihan kekuatan.

Jika Anda melakukan HIIT kemudian angkat beban, sebaiknya hindari angkat beban yang melibatkan otot bawah tubuh Anda.

Apabila Anda memang harus melakukan HIIT pada saat hari latihan otot bawah tubuh, berikan waktu pemulihan antara 6-8 jam setelah angkat beban sebelum melakukannya. Rentang waktu tersebut akan memberikan Anda waktu yang cukup untuk pulih dan energi tubuh Anda.

PERHATIKAN INI SEBELUM LATIHAN HIIT

tips mengecilkan perut

Tentu, latihan HIIT ini akan menjadi tips mengecilkan perut yang efektif karena dapat membakar lemak dan kalori berlebih.

Tapi yang tetap harus menjadi perhatian Anda adalah pastikan kondisi tubuh Anda prima ketika hendak melakukan HIIT. Pasalnya, latihan intensitas tinggi ini memerlukan tubuh yang memiliki stamina dan energi tinggi agar maksimal.

Agar HIIT Anda tetap maksimal, pastikan tubuh Anda terasupi nutrisi dengan baik serta istirahat yang cukup.

Dengan nutrisi yang baik maka akan bantu menjaga performa latihan Anda. Jika nutrisi harian dari makanan (real food) tidak/ kurang mencukupi, Anda dapat menambahkannya melalui suplemen.

Penting untuk diketahui bahwa suplemen pembakar lemak juga bisa dipakai untuk menambah energi, tingkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh, dan pastinya untuk mengoptimalkan pembakaran lemak tubuh Anda dengan mengonsumsinya secara rutin.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes