Tua-Tua Keladi, Makin Tua Makin Berprestasi

Tua-tua keladi, makin tua makin berprestasi (Besar) 1

Pada usia 47 tahun, Martina Navratilova kembali ke kejuaraan Wimbledon dan mewakili Amerika Serikat pada Olimpiade Athena 2004.

Ed Whitlock, 73 tahun, memecahkan rekor dunia marathon dengan menyelesaikan pertandingan dalam waktu di bawah 3 jam. Ed adalah manusia berusia di atas 70 tahun yang pertama dalam sejarah yang meraih hasil ini dan melakukannya dua kali! Bukankah ini sangat luar biasa?

Jack LaLanne. “The Godfather of Fitness” ini genap berusia 90 tahun. Dan dia masih melakukan olahraga dengan jumpsuit ciri khasnya, LaLanne si langsing dan kuat. Dia adalah bukti nyata bahwa diet dan olahraga adalah kunci untuk panjang umur dan kesehatan.

Pentingnya Olahraga Seiring Bertambahnya Usia
Setelah melewati usia 50 tahun, tubuh manusia akan secara perlahan kehilangan massa otot sebesar 6% (sekitar 2 kg) setiap dekade dan menambah 7 kg lemak setiap 10 tahun. Kurangnya otot dan banyaknya lemak yang tersimpan dalam tubuh dikombinasikan dengan aktivitas yang sedikit serta pola makan yang buruk, dapat menjadi penyebab bagi kondisi kesehatan yang menurun dan juga cacat, antara lain: osteoporosis, penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan osteoarthritis. Para peneliti juga menduga bahwa penyakit Alzheimer dan beberapa jenis kanker juga berkaitan dengan aktivitas yang minim seiring pertambahan usia.

Stanford University Medical Center di Amerika telah melakukan studi jangka panjang pada individu berusia di atas 50 tahun yang masih aktif, khususnya pelari. Mereka menemukan hasil bahwa para pelari memiliki tingkat kematian lebih rendah dan cacat yang secara dramatis berbeda dibandingan dengan yang bukan pelari. Mereka mengamati bahwa berlari secara teratur memiliki kaitan dengan peningkatan of HDL (kolesterol baik), ditambah efek positif bagi massa otot, serta untuk kesehatan jantung dan paru-paru.

Studi lainnya telah menemukan bahwa olahraga ataupun latihan yang teratur dapat meningkatkan kekuatan tulang, mengontrol berat badan, dan diabetes. Orang yang aktif seperti ini akan mampu bertindak mandiri seperti menjaga diri sendiri, pekerjaan rumah tangga, dan memiliki ketajaman mental.

Ingatlah perkataan dari Jack LaLanne, “I work at living, not dying”. Ya, selama Anda masih hidup, lakukanlah hal-hal yang bermanfaat agar hidup menjadi lebih berharga baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Tua-tua keladi, makin tua makin berprestasi! Selamat berlatih!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes