Turunkan Kolesterol Darah dengan Konsumsi Salmon

Turunkan kolesterol darah dengan konsumsi salmon

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang hingga kini masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Kolesterol merupakan material berwarna kekuningan yang bercokol di arteri tubuh manusia dan mengakibatkan pembuluh darah menyempit.

Tapi jangan terlalu khawatir, karena tidak semua jenis kolesterol buruk bagi Anda. Pertama, kenalilah 2 jenis kolesterol, yaitu kolesterol buruk (LDL-low density lipoprotein) dan kolesterol baik (HDL-high density lipoprotein). Pengetahuan ini akan berguna untuk kehidupan Anda dan orang disekitar Anda.

Kendalikan kadar kolesterol Anda dengan menyusun rencana diet sehat untuk menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan jenis kolesterol baik (HDL). Kadar LDL yang tinggi meenyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah Anda, sedangkan HDL bertugas untuk membantu “mengusir” LDL melalui proses metabolisme tubuh di liver. Maka dari itu, pastikan Anda selalu menjaga kadar HDL lebih tinggi daripada LDL dalam darah Anda.

Ikan Salmon dan Omega-3 vs Kolesterol Darah
Ikan salmon merupakan makanan yang lezat dan dipercaya memiliki banyak manfaat, salah satunya berasal dari kandungan Omega-3 di dalamnya. Ya, ikan salmon merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam aliran darah. Asam lemak Omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh ganda yang hanya bisa didapatkan dari makanan.
Western Human Nutrition Research Center di San Francisco melakukan penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa pola diet dengan konsumsi salmon selama 20 hari dapat meningkatkan kadar HDL sebesar 10% dari angka normal.

Alternatif Sumber Omega 3
Untuk mendapatkan manfaat hebat dari Omega-3, masukkan salmon ke dalam menu makanan Anda dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda. Jika Anda sulit menemukan salmon, bisa diganti dengan mengkonsumsi jenis ikan lain yang juga mengandung Omega-3 seperti sarden dan tuna. Anda juga bisa membeli suplemen minyak ikan atau Omega-3 yang tersedia, seperti contohnya suplemen Omega 3 dari Ultimate Nutrition.

Bagi Anda yang memiliki penyakit yang terkait dengan kelainan darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Mulailah konsumsi salmon untuk menurunkan kolesterol buruk dalam darah. Dapatkan berbagai manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes