perbaiki postur tubuh

Variasi Latihan Inti Untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Hai fitnes mania! Postur tubuh yang baik sangat penting bagi Anda tentunya. Postur tubuh tidak hanya menampilkan kepercayaan diri Anda saja, akan tetapi postur tubuh ideal juga merupakan cerminan dari kesehatan dalam tubuh Anda. Berikut ini beberapa latihan yang digabungkan dengan gerakan inti-sentris untuk membantu memperbaiki postur tubuh, lingkup gerak sendi, kekuatan dan fleksibilitas yang semua akan digabungkan dalam satu sesi.

perbaiki postur tubuh

Lakukan setiap gerakan inti dan lengkapi dengan peregangan back-to-back untuk jumlah repetisi yang direkomendasikan, dan lakukan 3 set total dalam setiap dua latihan sebelum pindah ke latihan berikutnya. Anda tidak perlu menggunakan peralatan apapun untuk gerakan ini karena Anda hanya cukup memerlukan permukaan lantai yang keras atau menggunakan matras latihan agar lebih nyaman. Cobalah untuk melakukan latihan ini secara rutin ini 5 hari sampai satu minggu untuk mendapatkan tubuh yang lebih fleksibel dan kuat.

1. Gerakan Utama 1: Swimming Pilates

swimmingpilates

Swimming pilates ini dilakukan untuk latihan pada punggung, glutes dan bahu untuk membantu memperbaiki postur tubuh dan jangkauan gerak persendian Anda. Untuk melakukannya, Anda bisa memulainya dengan berbaring telungkup dengan tangan dan kaki terbuka sehingga tubuh berbentuk huruf “X” di lantai. Kemudian, tarik tulang belakang dan angkat dada, paha dan lengan Anda dari lantai. Mata Anda harus menatap ke bawah dan leher Anda sejajar dengan tulang belakang. Angkat lengan kiri dan kaki kanan sedikit lebih tinggi dan kemudian beralihlah dengan cepat. Ini adalah gerakan 1 repetisi. Lakukan hingga 20 repetisi secepat mungkin. Usahakan untuk menjaga tubuh Anda tetap stabil seperti lengan dan kaki.

-Gerakan Peregangan: Bow Pose

bow pose

Yoga yang terinspirasi Pose ini membuka bagian depan otot tubuh Anda yang sering terasa tertekan karena duduk di meja sepanjang hari. Untuk melakukannya, Anda bisa memulainya dengan berbaring telungkup dengan lutut ditekuk dan sedikit lebih lebar dari lebar pinggul. Buatlah lengan Anda meraih pergelangan kaki Anda. Kemudian, tarik tulang belakang dan angkat paha dan dada Anda dari lantai, angkat tubuh Anda setinggi mungkin. Cobalah untuk memosisikan kepala Anda sejajar dengan tumit. Tahan hingga 30 detik.

2. Gerakan Utama 2: Balancing Side Plank

balancing side  plank

Perkuat sisi perut, paha, dan bahu dengan variasi side plank ini. Mulailah variasi side plank ini dengan memosisikan tubuh Anda miring. Tarik tangan kiri Anda di bawah bahu, tekuk kaki kiri Anda di lantai. Posisi kaki kanan ditarik lurus dan bagian bawah kaki Anda menekan pada lantai. Kemudian angkat tubuh Anda sehingga kaki kiri tidak menyentuh lantai. Tahan selama 10 detik kemudian ganti dengan sisi yang lain.

-Gerakan Peregangan: Seated Hurdler

seated hurdler

Buka paha bagian belakang dan pinggul dengan santai. Peregangan ini bisa dilakukan langsung setelah melakukan Balancing Side Plank. Untuk melakukannya, duduk dengan kaki kiri diperpanjang lurus, tekuk lutut kanan dan menghadap ke samping dengan bagian bawah kaki kanan menempel paha kiri. Tarik pinggul Anda ke depan dan capailah kaki kiri Anda dengan kedua tangan. Tahan selama 30 detik, kemudian ulangi di sisi berlawanan.

3. Gerakan Utama 3: Seated Hover

seated hover

Mulailah dengan duduk bersila (atau, jika Anda mampu, duduklah seperti posisi lotus bagi mereka yang akrab dengan yoga) dengan tangan Anda di samping pinggul sambil menekan ke lantai. Miringkan panggul Anda, dan putar ke belakang Anda. Tarik perut Anda ke arah tulang belakang sambil menekan ke lantai dan tangan Anda menahan pinggul yang terangkat dari lantai. Tahan hingga 30 detik.

– Gerakan Peregangan: Hip Opener

hip opener

Posisikan punggung dan pinggul Anda keadaan rileks. Posisi gerakan ini hampir sama dengan seated hover. Cukup turunkan pinggul Anda ke lantai dan tubuh Anda berada di lipatan atas kaki Anda. Tarik lengan Anda ke depan tubuh untuk meregangkan pinggul Anda. Tahan hingga 30 detik.
Selamat mencoba! (mee)

BACA JUGA: Ingin Sehat Sekaligus Seksi, Sella Berhasil Turunkan 36 Kg!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes