Warming Up Atau Pemanasan

Warming-Up-Atau-Pemanasan

Kenapa Harus Melakukan Pemanasan?

Pemanasan atau warming up dan stretching yang baik dapat meningkatkan aliran darah ke otot yang bekerja, yang mencegah kekakuan otot dan nyeri. Pemanasan juga sangat mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kinerja Anda.

Apa saja yang merupakan pemanasan?

  • Secara bertahap meningkatkan suhu otot-otot yang akan digunakan dalam kegiatan yang Anda lakukan. Misalnya, jika Anda ingin menyekop tanah, Anda dapat untuk menghangatkan bahu Anda dengan memutar-mutar bahu dan mengayun-ayunkan lengan Anda.
  • Menambah gerakan yang tidak terkait dengan aktivitas Anda secara stabil dan perlahan, seperti senam dan latihan fleksibilitas. Salah satu contoh yang baik adalah latihan betis (calf raises). Latihan ini merupakan pemanasan yang sangat baik untuk kaki Anda sebelum Anda berjalan kaki.

Tips Pemanasan

  • Waktu terbaik untuk meregangkan otot Anda yaitu setelah aliran darah dan temperatur telah meningkat di jaringan mereka, agar membuat mereka lebih lentur.
  • Jika Anda tidak melakukan latihan penuh sebelum peregangan, lakukan latihan aerobik ringan selama beberapa menit sebelum peregangan.
  • Pastikan pemanasan yang Anda lakukan harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda. Misalnya, orang tua dengan artritis mungkin memerlukan pemanasan yang lebih lama, dan lebih lambat dari orang yang lebih muda. Dengan seiringnya waktu, Anda akan mempelajari jenis pemanasan apa yang terbaik bagi Anda.

Jadi, lakukanlah selalu pemanasan sebelum melakukan kegiatan Anda. Selamat berlatih dan semoga berhasil!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes