overtraining

Waspadai Kecanduan Overtraining!

Banyak orang yang berlatih beban dan melakukan latihan kardio secara teratur menginginkan hasil terbaik entah selama dan setelah latihan. Namun, latihan “tinggi” yang disertai aktivitas fisik tersebut dapat menyebabkan kecanduan seperti obat atau alkohol yang bisa berbahaya! Kenali penyebabnya dan tanda-tanda Anda mengalami kecanduan overtraining tersebut di bawah ini:

overtraining

Mungkin di benak Anda, ada sekelumit pertanyaan tentang apa yang membuat latihan fisik dan latihan kekuatan menjadi sangat adiktif.

Apakah Anda pernah merasa bahwa aliran energi berjalan melalui latihan Anda? Hal ini merupakan perasaan yang menggembirakan yang akan mengangkat semangat Anda dan membuat Anda merasa sangat bahagia. Semua hal itu merupakan hasil dari meningkatnya endorfin dalam tubuh Anda.

Endorfin adalah semacam kimia yang membawa perasaan baik yang membantu untuk mengurangi rasa nyeri, meningkatkan toleransi Anda terhadap ketegangan, memblokir kecemasan dan stres, dan bahkan dapat memberikan Anda jenis euforia perasaan gembira. Perasaan gembira inilah yang telah menyebabkan begitu banyak orang kecanduan alkohol, obat-obatan, dan lainnya.

Tetapi kenyataannya kebanyakan orang mempunyai endorfin rendah ketika ada sesuatu yang terjadi di dalam hidup mereka. Hal ini bisa dikarenakan depresi, kesepian atau tidak aman, mengalami kesulitan mental atau emosional atau trauma psikologis. Dan bagi Anda yang mengalami perasaan tersebut akan berusaha mengembalikan perasaan gembira, termasuk dengan olahraga atau latihan.

Bagi beberapa orang yang masalah di tempat kerja atau di rumah, dan gym bisa saja menjadi tempat di mana mereka dapat merasa aman dan terkendali. Orang-orang tersebut akhirnya menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berlatih hanya karena mereka tidak ingin meninggalkan tempat atau latihan tersebut.

Tanda-Tanda Bahwa Anda Kecanduan Overtraining

Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa Anda telah kecanduan pada latihan:

– Anda selalu haus, dan tidak ada jumlah air tertentu yang dapat memuaskan dahaga itu
– Otot-otot Anda selalu sakit, bahkan setelah 48 sampai 72 jam istirahat
– Anda sangat mudah sakit
– Anda menderita depresi dan atau insomnia
– Anda merasa kepribadian Anda telah berubah
– Anda melalui waktu sulit untuk fokus pada latihan Anda, dan biasanya Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbicara daripada benar-benar berlatih
– Keinginan Anda untuk berlatih menjadi berkurang
– Anda lebih rentan dan mudah terkena cedera
– Anda tidak lagi bergaul dengan teman-teman atau keluarga, dan Anda terisolasi secara sosial
– Anda merasa cemas jika melewatkan latihan
Semua hal tersebut dapat menjadi tanda yang mengarah ke kecanduan latihan.

Lalu Bagaimana Mengatasi Hal Tersebut?

Mengatasi kecanduan Anda dalam overtraining sama halnya seperti berurusan dengan kecanduan yang lain. Namun ada beberapa cara khusus untuk mengatasi hal tersebut, di antaranya adalah:

– Mengurangi jumlah latihan yang Anda lakukan atau melakukannya dalam bentuk yang sehat, dengan batas yang normal
– Mencari bantuan profesional dan konseling untuk masalah yang menyebabkan Anda untuk berlatih secara berlebihan
– Ambillah istirahat dari pelatihan dan memberikan tubuh Anda istirahat
– Coba jenis latihan baru, yang tidak akan membuat Anda berlatih secara berlebihan

Dengan mencoba beberapa cara di atas, Anda diharapkan dapat secara bertahap mengurangi kecanduan Anda dalam berlatih. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Massa Otot Lebih Besar dengan Barbell Complex Workout

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes