Ketahui Kenapa Berat Badan Anda Tidak Mau Turun! (Bagian 1)

category: Fat Loss

 Ketahui Kenapa Berat Badan Anda Tidak Mau Turun! (Bagian 1)

Banyak orang yang mengira mereka memiliki metabolisme yang lambat sehingga mereka tidak dapat menurunkan berat badan mereka. Bahkan segala cara diet cepat yang sudah dilakukan tidak berhasil karena mereka tidak tahu cara kerja metabolisme tubuh manusia.

Seperti yang telah diketahui kebanyakan orang, kita dapat mempercepat metabolisme yang merupakan kunci untuk membakar lemak. Sebelum kita memahami cara meningkatkan metabolisme tubuh, mari kita pelajari dahulu beberapa prinsip dasar metabolisme.

Apakah Metabolisme itu?

Ada beberapa pendekatan ilmiah untuk menjelaskan ini. Pendekatan yang paling baik adalah pendekatan yang paling mudah dimengerti secara umum. Jadi metabolisme bisa diartikan sebagai tingkat di mana tubuh Anda membakar kalori untuk tetap hidup.

Tubuh Anda membakar kalori selama 24 jam sehari, setiap hari. Ingatlah bahwa tubuh Anda memerlukan energi setiap saat, bahkan ketika Anda sedang tidur. Itulah sebabnya kenapa berhenti makan dapat menjadi hal terburuk yang Anda lakukan bila tujuan Anda adalah menurunkan berat badan dengan membakar lemak.

Apa yang Mempengaruhi Metabolisme?

Banyak yang orang mengatakan bahwa faktor yang paling mempengaruhi metabolisme seseorang adalah tingkat aktifitas, kelenjar tiroid dan usia seseorang. Faktor – faktor di atas memang berperan, tapi tidak banyak.

Hal lain yang mempengaruhi proses metabolisme adalah jaringan otot. Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar, tidak peduli tingkat aktifitas atau umur Anda. Otot merupakan jaringan hidup yang bekerja untuk Anda sebagai pembakar kalori sepanjang hari.

Berikut ini 8 faktor yang dapat mempengaruhi metabolisme dari tingkat yang paling penting:

  • Otot
    Sebagai faktor terpenting dan kunci utama metabolisme.
  • Frekuensi Makan
    Semakin lama Anda memberi jeda waktu makan Anda, semakin metabolisme Anda melambat untuk menghemat energi.
  • Tingkat Aktivitas
    Ini juga faktor penting, akan tetapi tidak akan membuat perbedaan jika Anda tidak memberikan keseimbangan antara asupan makanan yang masuk dan kalori yang dikeluarkan.
  • Pilihan Makanan
    Sebagai contoh, diet rendah lemak sering kali meyebabkan menurunnya produksi hormon yang berujung pada menurunnya proses metabolisme.
  • Cukupi Kebutuhan Air Tubuh
    Lebih dari 70% fungsi tubuh kita terjadi karena adanya air. Kekurangan cairan akan membuat sistem metabolisme Anda terganggu.
  • Faktor Genetik
    Beberapa orang memiliki metabolisme yang lebih cepat dibanding dengan yang lain. Hal ini merupakan faktor alami yang tidak bisa dirubah. Yang bisa dilakukan orang normal adalah merangsang metabolisme agar lebih cepat.
  • Produksi dan Fungsi Hormon
    Bisa jadi Anda memiliki kelenjar tiroid yang “malas”. Tapi sebelum menyalahkan tiroid ada baiknya Anda menstabilkan tingkat gula darah Anda dan mulailah berolahraga 2-3 kali seminggu.
  • Stress
    Stress juga turut menurunkan tingkat metabolisme. Ketika Anda stress tubuh akan mengalami ketegangan. Banyak juga orang yang cenderung untuk makan berlebihan ketika mengalami stress.

Penyebab Metabolisme Semakin Lambat

Penelitian mengindikasikan bahwa proses metabolisme tidak melambat secara signifikan karena usia seseorang melainkan karena kurangnya otot. Anda tidak kehilangan otot hanya karena usia Anda yang semakin tua, tapi lebih disebabkan kurangnya aktifitas fisik yang dapat memberikan stress positif untuk mempertahankan atau meningkatkan otot Anda.

Berikut ini 2 faktor utama penyebab proses metabolisme Anda menurun, yaitu:

  • Menurunnya jaringan otot.
  • Menurunnya tingkat aktifitas seiring dengan usia.

Anda dapat kehilangan jaringan otot karena kekurangan aktifitas fisik seperti angkat beban atau tidak menjalankan diet dengan baik dan displin. Ketika Anda tidak makan atau membuat jeda yang lama antara waktu makan, tubuh Anda akan mendapatkan energi dari otot Anda (katabolik).

Jadi kesimpulannya adalah:

SEDIKIT OTOT – metabolisme yang pelan – lemak yang menumpuk.