10 Tips Latihan Terbaik Untuk Membentuk Perut Ramping

category: Fitness for Women

gambar DF latihan terbaik utk membentuk perut 10 Tips Latihan Terbaik Untuk Membentuk Perut Ramping
Setiap wanita pasti menginginkan bentuk perut yang indah dan ramping. Memiliki perut yang ramping dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda dan membuat penampilan Anda terlihat lebih menarik. Anda pasti bersedia melakukan latihan khusus agar perut Anda terlihat ramping. Namun, Anda tidak mengetahui latihan apa yang baik dan mudah dilakukan untuk mendapatkan perut yang ramping.

Simak 10 tips latihan terbaik untuk membentuk perut ramping Anda berikut ini:

  • Langkah 1 : Jadwalkan untuk melatih otot perut Anda antara 4 hingga 5 kali seminggu.
  • Langkah 2 : Latihlah perut Anda dengan latihan crunch.
  • Langkah 3 : Lakukan setidaknya 2 set untuk masing-masing gerakan crunch standar, reverse, dan oblique crunch, 15-20 repetisi tiap set. Tambahkan latihan tingkat lanjut jika Anda mampu menyelesaikan set latihan ini dengan baik dan Anda akan merasakan hasilnya dalam 4 hingga 6 minggu.
  • Langkah 4 : Lakukan 10 repetisi gerakan jackknives
    Berbaring terlentang dengan kaki lurus, angkat kedua tangan Anda di atas kepala. Angkat tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan, gerakkan kedua tangan Anda seolah menggapai kedua kaki Anda. Konsentrasikan kekuatan gerakan Anda pada otot perut, dan tahan di tengah gerakan saat otot perut Anda menahan, kemudian turunkan kembali badan Anda secara perlahan.
  • Langkah 5 : Lakukan 10 repetisi side bends
    Berdiri lurus dengan dumbbell di tangan kanan dan tangan kiri sejajarkan dengan pinggul Anda. Tekuk tubuh Anda ke kanan perlahan-lahan, turunkan dumbbell sampai Anda merasakan tarikan di otot perut sebelah kiri, tahan, dan kemudian perlahan-lahan naiklah kembali ke posisi awal. Lakukan cara yang sama untuk melatih otot perut sebelah kanan.
  • Langkah 6 : Masukkan latihan kardio dalam latihan Anda
    Cobalah latihan kardio (jalan kaki, jogging), sekitar 20 hingga 30 menit dalam tempo sedang sebanyak 4 hari dalam seminggu. Tempo yang dianjurkan adalah 55-75% dari kemampuan maksimal Anda. Cara mengukurnya adalah, saat Anda jalan kaki atau jogging, Anda masih dapat berbincang-bincang dengan ritme yang wajar (tidak tersengal-sengal). Sedangkan untuk mengetahui seberapa cepat detak jantung Anda, ukurlah dengan menggunakan heart rate monitor.
  • Langkah 7 : Menjaga variasi latihan
    Berlari, berenang, bersepeda dan menggunakan peralatan kebugaran di rumah seperti stair stepping machine atau treadmill adalah bentuk variasi latihan kardio yang baik untuk mencegah kejenuhan.
  • Langkah 8 : Leg raises
    Duduklah dengan posisi tegak pada sebuah bangku. Tempatkan tangan Anda disamping bangku (mengarah ke tanah). Jaga kaki Anda dalam posisi lurus ke depan, kemudian angkat kaki Anda secara vertikal dengan perlahan, tahan beberapa detik sebelum Anda menurunkannya dengan perlahan.
  • Langkah 9 : Pelvis raises
    Caranya, berbaringlah di atas matras, angkat pinggul Anda beberapa inci seperti akan berguling ke belakang. Kemudian turunkan secara perlahan, dengan pinggul tidak menyentuh tanah.
  • Langkah 10 : Squat
    Squat adalah latihan yang baik untuk Anda. Di samping melatih paha depan dan otot glutealis, latihan ini dapat juga melatih otot perut dan otot oblik, yaitu otot internal dan eksternal dari perut. Latihan ini juga baik untuk melatih otot perut melintang.

Yang perlu Anda ketahui saat Berlatih:

  • Untuk meningkatkan kekuatan Anda, angkatlah beban secara perlahan.
  • Istirahat cukup dan konsumsilah diet rendah lemak.
  • Untuk hasil terbaik dan aman, kombinasikan latihan perut dengan latihan punggung.
  • Lakukan gerakan jackknifes dan crunch pada matras yang empuk, untuk menghindari rasa sakit.
  • Setelah otot perut Anda kuat, latihlah bagian engkel hingga keseluruhan otot kaki Anda untuk menambah kekuatan tubuh Anda.

Memiliki perut ramping bukan sekedar impian jika Anda berlatih teratur dan sabar. Semoga 10 tips latihan terbaik untuk membentuk perut ramping di atas bermanfaat bagi Anda.
Selamat berlatih !