3 Cara Membentuk Otot Bahu Pada Wanita

Selain otot perut, bagian tubuh lain yang diidamkan para wanita agar terlihat indah dan menarik adalah otot bahu. Untuk mewujudkan otot bahu yang proporsional, Anda harus melatih otot bahu Anda dengan baik. Bagi Anda para wanita, melatih otot bahu berguna untuk meningkatkan penampilan, karena latihan ini berguna untuk memperbaiki bentuk tubuh bagian atas. Otot bahu yang terlatih dengan baik dapat memperbaiki postur tubuh, sehingga tubuh terlihat lebih ideal dan proporsional.


Perlu Anda ketahui bahwa otot bahu terdiri dari tiga bagian yaitu otot bahu depan, otot bahu samping, dan otot bahu bagian belakang. Ketiga bagian otot ini harus dilatih secara merata untuk mendapatkan hasil optimal dari pembentukan otot bahu Anda.
Dapatkan Massa Otot Bebas Lemak Untuk Membentuk Tubuh Lebih Ideal Di SINI!
Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk pembentukan otot bahu Anda, yaitu:

  1. Melatih Otot Bahu : Lakukan latihan yang memungkinkan Anda mengangkat beban tanpa menekuk siku. Standing lateral raise adalah contoh latihan yang bisa Anda lakukan untuk melatih otot bahu Anda, terutama otot bahu bagian samping. Cara melatihnya yaitu,
    • Pegang dumbell pada kedua tangan dengan posisi tangan lurus ke bawah di samping badan.
    • Angkat beban perlahan dengan posisi tangan tetap lurus sampai posisi beban sedikit di atas bahu.
    • Perlahan-lahan kembali ke posisi semula.
  2. Melatih Punggung Bagian Atas : Untuk melengkapi latihan otot bahu Anda, lakukan latihan yang berfokus pada punggung bagian atas Anda. Latihan yang menggunakan tangan sebagai alat untuk menahan berat tubuh Anda adalah contoh latihan yang baik untuk pembentukan otot bahu Anda. Latihan ini biasanya terdapat dalam gerakan yoga atau plank. Jika Anda berada di gym, Anda bisa mencoba rowing machine, overhead barbell presses, atau pushup dengan menggunakan bola latihan. Latihan ini terbukti efektif untuk membantu pembentukan otot bahu dan punggung bagian atas agar terlihat lebih ideal.
  3. Latihan Kekuatan : Berdasarkan penelitian American Council on Exercise, melatih otot dengan beban lebih berat dalam waktu singkat lebih efektif meningkatkan massa otot daripada berlatih menggunakan beban yang ringan dalam waktu lama. Massa otot terbentuk saat serat otot rusak dan Anda memberikan waktu yang cukup untuk istirahat. Pilihlah beban yang berat yang bisa Anda angkat antara 8-12 repetisi dengan nyaman. Setelah itu, istirahatkan otot Anda selama 2 hari sebelum Anda mulai melatihnya kembali.

Sebelum Anda berlatih, lakukan pemanasan setidaknya 5-10 menit untuk mempersiapkan tubuh Anda dari latihan. Jika Anda tidak mengetahui tehnik berlatih yang benar, mintalah bantuan teman atau personal trainer yang berpengalaman agar Anda terhindar dari cedera.