Angin Duduk. Penyakit Apa Ini dan Kenapa Begitu Berbahaya?

category: Health

Angin duduk. Nama penyakit yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Jika ada seseorang yang awalnya baik-baik saja kemudian mengeluh sakit di bagian dada dan kemudian meninggal, orang sering menyebut bahwa ini akibat penyakit angin duduk. Apa sih sebenarnya penyakit ini? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya?

 Angin Duduk. Penyakit Apa Ini dan Kenapa Begitu Berbahaya?

Sebenarnya yang dimaksud dengan angin duduk itu adalah sebuah bentuk penyakit jantung yang disebut dengan Angina Pectoris. Angina Pectoris berasal dari bahasa Latin yang berarti ‘dada yang ditekan’, yang ditandai dengan ketidaknyamanan di daerah dada yang terjadi ketika suplai oksigen darah ke area jantung berkurang.

Apa Itu Angina & Apa Gejalanya?
Angina sendiri didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke jantung. Angina merupakan gejala paling umum dari penyakit jantung yang berupa nyeri dada. Angina biasanya dirasakan sebagai ketidaknyamanan, perasaan berat, tekanan, sakit, panas seperti terbakar, rasa seperti diremas, ataupun nyeri di seluruh dada, terutama di belakang tulang dada. Angina memang biasanya dirasakan di area dada, namun nyeri ini juga kadang menyebar ke leher, rahang, lengan, punggung, atau bahkan gigi.

Apa Penyebab Angina?
Berkurangnya aliran darah ke jantung membuat suplai oksigen dan nutrisi penting ke otot jantung pun terhambat. Ketika ini terjadi, otot jantung harus menggunakan bahan bakar alternatif, namun dalam bentuk yang kurang efisien, agar jantung tetap dapat melakukan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Nah, hasil sampingan dari penggunaan energi alternatif ini, yaitu asam laktat, akan terbentuk di otot jantung dan menyebabkan rasa sakit. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati angina bekerja dengan cara menghambat penggunaan sumber energi ini.