Pencernaan Sehat Berawal dari 3 Hal Ini

category: Health

Sistem pencernaan yang sehat dan terjaga dengan baik akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pencernaan-Sehat-Berawal-dari-3-Hal-Ini

Sistem pencernaan berfungsi mengurai makanan menjadi komponen sederhana kemudian menyerap nutrisi yang diperlukan tubuh dan membuang sisa olahan makanan yang tidak diperlukan.

Menjaga kesehatan pencernaan sama pentingnya dengan menjaga organ-organ tubuh lainnya. Mengingat hampir 50 persen penyakit terjadi akibat gangguan pada sistem pencernaan.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, berikut 3 hal yang paling utama.

Makanan yang Tepat

Perut akan menyimpan dan mengolah apa pun yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Setiap jenis makanan memiliki karakter yang berbeda, ada yang mudah dicerna dan ada yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Contoh makanan yang mudah dicerna adalah makanan berserat. Makanan ini sangat diperlukan untuk memastikan fungsi saluran pencernaan Anda sehat. Sumbernya: sayur-sayuran, biji-bijian dan buah. Selain itu, makanan ini mengandung kadar vitamin dan mineral yang tinggi.

Anda juga bisa mengonsumsi yoghurt rendah lemak. Yoghurt diperkaya dengan probiotik, sebuah bakteri menguntungkan yang secara alamiah terdapat dalam saluran pencernaan. Probiotik dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, memecah laktosa, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu menyembuhkan IBS (irritable bowel syndrome).

Perhatikan Waktu Makan

Waktu makan adalah hal penting yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan pencernaan yang sehat. Makanlah secara teratur setiap harinya agar sistem pencernaan Anda berjalan optimal. Jeda dari waktu makan satu ke waktu makan lainnya juga harus diperhatikan untuk memberikan tubuh Anda waktu mencerna makanan yang sebelumnya.

Cobalah makan lebih sering 5-6 kali makan setiap hari, dengan tiga kali makan utama ditambah snack atau camilan sehat setiap dua jam setelah makan. Cara ini dapat mencegah gangguan pencernaan dan membuat Anda jenyang lebih lama.

Olahraga Rutin

Latihan dan olahraga secara teratur juga dapat membantu Anda mendapatkan sistem pencernaan yang sehat. Berikut ini adalah 3 manfaat dari latihan:

  • Mempertahankan berat badan sehat
  • Menurunkan risiko gangguan pencernaan
  • Merangsang perbaikan saluran pencernaan

Jika Anda bermasalah dengan kelebihan berat badan atau obesitas, gangguan pencernaan akan menjadi masalah yang lumrah. Kurangi berat badan Anda untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.

Rutinitas latihan dapat memberikan Anda 2 keuntungan. Pertama, gerakan latihan akan merangsang sistem pencernaan untuk mengolah makanan dan mendistribusikannya ke seluruh sistem tubuh dengan baik. Kedua, olahraga membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat untuk mengurangi stres pada sistem pencernaan.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Yang terpenting adalah kedisiplinan Anda dalam menjaga tiga faktor penting di atas. (dan)

BACA JUGA : Ini lho Cara Memasak Sehat Biar Panjang Umur