Broccoli Omelette

category: Nutrition

Masak omelet yuk buat sarapan. Memasak omelet kali ini terbilang agak beda dengan omelet yang biasa kita buat di rumah. Resep sehat berikut saya susun untuk mendapatkan hasil akhir yang mengandung lebih tinggi protein dan serat, serta rendah lemak dan karbohidrat.

brokoli Broccoli Omelette

Omelette atau omelet dalam dunia kuliner adalah sajian yang dibuat dari telur yang dikocok kemudian dimasak dengan minyak menggunakan wajan datar. Kata omelet sendiri berasal dari bahasa Prancis, omelette yang asal katanya memiliki arti “thin plate”.

Omelet dapat disajikan dalam bentuk lingkaran tanpa dilipat, tetapi umumnya disajikan dengan lipatan membentuk setengah lingkaran. Omelet biasanya juga disajikan setengah matang Bahan pengisi omelet dapat terdiri dari berbagai macam bahan seperti keju, sayuran, jamur, dan potongan daging. Untuk membuat omelet yang memiliki tekstur yang lebih halus, dapat ditambahkan sedikit susu atau air yang bertujuan untuk membentuk gelembung udara pada saat pengocokan.

Omelet adalah makanan yang mendunia. Terdapat berbagai variasi jenis omelet yang dapat kita temui di berbagai belahan dunia. Contohnya omelet Iran yang menggunakan campuran gula, omelet Yunani yang menggunakan isian tumisan sayuran, frittata yang merupakan omelet gaya Italia, dan telur dadar yang merupakan omelet gaya Indonesia. Selain itu masih banyak jenis sajian omelet lainnya.

Omelet terbesar di dunia pernah dibuat di Yokohama, Jepang pada 19 Maret 1994 yang memiliki luas 128,5 m2 menggunakan 160 ribu telur. Rekor dunia ini kemudian dipecahkan oleh Lung Association di Ontario, Kanada pada 11 Mei 2002 yang membuat omelet yang memiliki berat 2.950 kg. Omelet termahal dapat anda temui di salah satu menu di Norma’s Restaurant di Le Parker Meridien Hotel,New York. Omelet ini mendapat julukan “Zillion Dollar Lobster Frittata”. Harganya tak tanggung-tanggung yaitu sebesar $1.000,00. Tidak heran harganya mahal karena menggunakan lobster dan 10 ons kaviar ikan Sevruga (kaviar termahal yang pernah ada).

Tapi untuk membuat omelet sehat tidak perlu mahal-mahal kan? Yuk kita membuat oatmeal dengan resep sehat berikut.

Untuk 1 porsi

Bahan

1 butir telur

2 putih telur

1 siung bawang putih iris tipis

20 g jamur tiram potong tipis memanjang

2 sdm oatmeal (10 g)

35 g brokoli potong-potong

1/8 sdt garam atau sesuai selera

¼ sdt lada atau sesuai selera

Saus sambal untuk topping

Minyak canola untuk olesan wajan datar

Cara membuat

  1. Campurkan jamur tiram dan brokoli. Blansir terlebih dahulu. Tiriskan. Sisihkan.
  2. Campurkan telur, putih telur, bawang putih, garam, dan lada. Kocok menggunakan garpu atau kocokan telur sampai tercampur rata. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan datar (teflon) yang permukaannya sudah diolesi  minyak canola, menggunakan api sedang.
  4. Masukkan campuran telur tadi ke wajan datar. Tunggu sebentar sampai bagian bawah agak matang, kemudian tambahkan campuran jamur tiram dan brokoli diatasnya secara merata.
  5. Taburkan oatmeal diatas omelet. Jika ingin anda juga dapat menaburkan lada.
  6. Lipat omelet dan masak sebentar. Tingkat kematangan dapat diatur sesuai selera.
  7. Angkat dan sajikan dengan saus sambal.

Nilai nutrisi per porsi

Energi: 151,6 kkal

Lemak: 5,8 g

Karbohidrat: 9 g

Serat: 2,4 g

Protein: 15,8 g

Tips dan saran

  1. Nikmati sajian diatas waktu snacking bersama segelas jus buah atau susu kedelai.
  2. Untuk sarapan, sajikan bersama potato baked atau potato boiled.

 BACA JUGA : Baked beef with Cheese