Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Anda

category: Nutrition

Labu Kuning untuk kesehatan anda 2 Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Anda

Masyarakat di Amerika menggunakan labu kuning sebagai atribut perayaan Halloween. Mereka mengukir labu kuning menjadi wajah manusia yang sedang tersenyum atau menakutkan. Sedangkan di Indonesia labu kuning juga digunakan sebagai tradisi, misalnya dalam bentuk kolak di bulan Ramadan ataupun sebagai campuran minuman buah segar.

Labu kuning dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang belum mengetahui bahwa labu kuning adalah salah satu jenis sayuran. Labu kuning kaya akan nutrisi dan juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Labu kuning adalah salah satu jenis varietas sayuran labu yang banyak dikonsumi oleh masyarakat dalam bentuk menu yang beragam. Perbedaannya terletak pada bentuk dan ukurannya lebih besar dari jenis lainnya. Bagian kulit luar yang keras dan rasa yang manis merupakan ciri khas dari labu kuning. Sayuran ini biasanya dipanen pada musim kemarau. Jenis labu lainnya: labu siam, labu air, labu butternut, labu mi, dan kabucha.

Nutrisi Labu Kuning
Labu pada umumnya mengandung beta-karoten, dan beberapa zat lain yang mengandung antioksidan untuk membantu meningkatkan fungsi imunitas tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker maupun penyakit jantung.

Secangkir labu yang sudah dimasak hanya memiliki 50 kalori dan kadungan seratnya hampir mencapai 3 gram. Hal ini membuat labu sebagai sumber nutrisi tepat yang sehat untuk di tambahkan dalam menu makanan Anda. Daging dari labu kuning juga merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi. Jangan membuang bijinya, karena penelitian telah menemukan bukti bahwa minyak dari biji labu kuning dapat menghambat zat berbahaya yang menimbulkan gangguan prostat.

Cara Menikmati Labu Kuning
Ada banyak cara untuk menikmati labu kuning, salah satunya dengan mengolahnya menjadi pie. Labu kuning memiliki rasa manis alami sehingga cocok diolah menjadi pie dan kue. Labu juga bisa menambah citarasa sehingga makanan menjadi lebih gurih.

Labu kuning dapat juga diolah dengan dipotong, dikupas, dipanggang dan dibubuhi minyak zaitun, garam, dan merica sebagai hidangan sederhana yang lezat. Biji labu atau biasa disebut dengan pepitas, dapat Anda temukan di supermarket terdekat. Biasanya biji labu tersedia dalam bentuk instan yang bisa langsung dimakan.

Nah, sekarang giliran Anda untuk mulai menyajikan labu kuning dalam menu makan sehari-hari Anda dan dapatkan semua nutrsi beserta manfaatnya bagi kesehatan Anda.