Susu Kedelai dan Peranannya dalam Mencegah Penimbunan Lemak

category: Nutrition

susu kedelai Susu Kedelai dan Peranannya dalam Mencegah Penimbunan Lemak

Susu kedelai sudah ada selama ribuan tahun, tepatnya 1900 tahun lalu di Tiongkok. Sejak itu susu kedelai menjadi minuman umum di dalam kebudayaan tionghoa karena cocok diminum sepanjang tahun. Susu kedelai memiliki komposisi yang mirip dengan susu: 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat.

Selain sebagai sumber protein, susu kedelai juga merupakan sumber lemak, vitamin, mineral, dan serat yang paling baik. Susunan asam amino pada susu kedelai lebih lengkap dan seimbang. Susu yg akhir-akhir ini lebih dikenal sebagai susu diet ini sangat berkhasiat bagi pertumbuhan dan menjaga kondisi sel-sel tubuh. Susu kedelai mengandung protein tinggi dan mengandung sedikit lemak. Protein yang terbukti paling baik dibandingkan jenis kacang-kacangan yang lain dan setara dengan protein hewani dari daging, susu, dan telur. Yang akan membuat Anda merasa kenyang dan terhindar dari keinginan makan berlebihan.

Genistein- salah satu zat yang terkandung dalam susu kedelai memiliki manfaat yang hebat. Selain dapat mengurangi volume makanan, zat ini juga dapat menurunkan berat badan, dan membakar lemak. Dari hasil studi, pemberian suplemen genistein mengurangi total makanan sampai 14%, berat badan hingga 9%, sementara laju pelepasan lemak mencapai 290%. Studi yang dilakukan di laboratorium ini memberikan secercah harapan dan potensi manfaat yang besar pada kesehatan manusia.

Selain kaya akan protein nabati, susu kedelai juga bermanfaat untuk mencegah penimbunan lemak pada lingkar perut khususnya pada wanita pascamenopause. Dalam riset, perempuan pascamenopause yang mengkonsumsi minuman kedelai secara teratur setiap hari selama tiga bulan, cenderung memiliki perut lebih ramping dibanding rekan mereka yang minum susu biasa. Peneliti menekankan bahwa mencegah penimbunan lemak pada usia paruh baya sangat penting artinya karena lemak yang berlebihan pada perut berkaitan dengan tingginya risiko mengidap diabetes dan penyakit jantung. Mereka juga berharap akan ada penelitian lanjutan untuk mengungkap potensi besar protein pada kedelai.

Susu protein tinggi ini sangat kaya akan manfaat. Selain dapat mencegah penimbunan lemak, susu ajaib ini juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh terhadap timbulnya kanker yang disebabkan oleh radikal bebas serta dapat menurunkan tekanan darah dan menormalkan kolesterol.

Oleh karena itu untuk mendapatkan protein kedelai murni dengan kualitas terbaik, Anda bisa gunakan Soy Protein dari Ultimate Nutrition dengan kandungan protein sampai dengan 83% yang merupakan susu kedelai dengan kandungan protein tertinggi di pasaran.